Yuk, Kuliah di SMU – Singapore Management University

kuliahdi_smu
The Essentials

Mau tahu seperti apa sih kuliah di Singapore Management University? Semua tentang SMU ada disini loh. Kalau mau nanya nanya, komentar aja. teman teman kami di SMU akan menjawabnya.


Kuliah di SMU

Mengapa SMU?

The SMU Difference Lulusan SMU dikenal berani, percaya diri dan jago berkomunikasi. Sebagian besar dari lulusan SMU (95.6% di tahun 2011) mendapatkan pekerjaan dalam kurun waktu enam bulan sejak kelulusan. Kenapa bisa begitu? Banyak yang bilang itu karena sistem SMU yang nggak “tradisional”. Bukan cuma cara belajar yang lebih interaktif, kurikulum inovatif dan pilihan double degree dan double major, mahasiswa SMU juga mendapatkan kesempatan untuk magang di perusahaan-perusahaan multinasional di Singapura dan luar negeri, ikut kegiatan sukarelawan amal, serta mengikuti program pertukaran pelajar di sekitar 200 universitas di 46 negara.

Kuliah di SMU seperti apa?

Fleksibel & Menarik  Asyik! Keunikan program di SMU mendukung kamu untuk membentuk kurikulum kamu sendiri. Setiap pelajar dapat mendaftarkan diri untuk meraih Double Degree ataupun Double Major dari dua departemen yang berbeda. Inilah yang memberikan kamu kebebasan untuk yang merancang pengalaman yang unik, kurikulum yang menantang dan kualifikasi yang kokoh.

Mempersiapkan kamu untuk dunia profesional Semua mahasiswa SMU diberikan kesempatan untuk magang di perusahaan ternama, mendaftarkan diri untuk program pertukaran pelajar ke Eropa, Asia maupun Amerika dan mengikuti program bakti sosial pada masyarakat sekitar. Nggak heran kalau mahasiswa SMU cenderung lebih well-rounded, berani, pandai berkomunikasi dan pandai mendapat pekerjaan setelah lulus.

Persaingan ketat Mahasiswa yang masuk ke SMU adalah pelajar-pelajar yang cukup kompetitif dan berprofil unik. Banyak siswa SMU saat ini yang juga olahragawan nasional, musisi, pengusaha muda ataupun sukarelawan aktif berbakti sosial. Dalam persaingan di kelas pun juga cukup ketat, maka setiap siswa SMU konon suka main di tengah kota Singapura tetapi juga tekun belajar.

Kuliah di SMU

Program apa saja yang tersedia?

Bachelor’s Degree SMU menyediakan enam bachelor’s program, yakni: Business Management, Accountancy, Law, Economics, Information Systems Management dan Social Science.

Mau tahu daya penghasilan kamu dengan mendapat Bachelor’s Degree dari SMU? Download aja di sini!

Biaya Kuliah & Beasiswa

Biaya program

Biaya untuk mahasiswa internasional adalah $19,690 per tahun untuk program Business Management, Accountancy, Economics, Information Systems dan Social Science. Biaya diatas termasuk subsidi pemerintah. Jika tidak menginginkan subsidi, biaya kuliah pertahun mencapai S$35,050.

Biaya untuk mahasiswa internasional adalah $21,750 per tahun untuk program Law. Biaya diatas termasuk subsidi pemerintah. Jika tidak menginginkan subsidi, biaya kuliah pertahun mencapai S$37,280.

Untuk rincian selanjutnya, baca aja di halaman biaya kuliah SMU.

Beasiswa di SMU

Banyak beasiswa dermawan  Tiap tahun SMU memberikan beasiswa kepada pelajar yang baru masuk kuliah maupun pelajar yang sedang kuliah di SMU. Untuk informasi beasiswa yang ada, bisa lihat di SMU website.

Mendaftarkan diri di SMU

Bagaimana cara mendaftar?
Ayo mulai sekarang! Semua pendaftaran dilakukan melalui website SMU. Pendaftaran biasanya ditutup setiap April. Setelah semua dokumen masuk, apabila kamu lolos, SMU akan menghubungi kamu untuk wawancara. Wawancara ini biasanya melalui telepon apabila kamu tidak berada di Singapura. Setelah itu, beberapa minggu kemudian mereka akan menghubungi kamu apabila kamu diterima!

Apa yang harus saya persiapkan?
SAT (Scholastic Aptitude Test) Hal terpenting untuk seorang mahasiswa internasional untuk mendaftar ke SMU adalah mengambil Scholastic Aptitude Test, atau SAT. SAT adalah sebuah tes standar yang biasa dipakai universitas-universitas Amerika untuk mengkaji calon mahasiswa. Karena kurikulum SMU dimodel seperti kurikulum Wharton School di University of Pennsylvania, SAT pun wajib diambil. Skor minimal adalah 1900.

Kegiatan kamu di luar sekolah Selain itu, karena SMU menekankan kurikulum yang well-rounded, kamu juga harus memperlihatkan kegiatan-kegiatan di luar sekolah, seperti musik, olahraga, atau kegiatan sukarela. Wawancara juga merupakan komponen yang penting. Banyak kandidat yang memiliki nilai akademis yang bagus, namun gagal di wawancara.

Komunitas Indonesia di SMU

Pelajar di SMU

International community Ada ~8,000 pelajar dari berbagai mancanegara di SMU. Walau mayoritas pelajar di SMU berasal dari Singapura, SMU mempunyai kaum pelajar yang cukup internasional. 20% pelajar di SMU berasal dari luar Singapura. Tiap tahun SMU juga menerima banyak pelajar dari Amerika, Eropa dan Korea untuk program pertukaran pelajar mereka.

Pelajar Indonesia di SMU

Komunitas Indonesia yang erat Ada sekitar 200 pelajar Indonesia di SMU. Mereka datang langsung dari SMA-SMA di Indonesia, atau telah lama bersinggah di Singapura sebagai pelajar di Junior College di Singapura.

Apakah ada Komunitas pelajar Indonesia di SMU?

SMU Komunitas Indonesia (SMUKI) Karena banyaknya pelajar Indonesia di SMU, mereka bergabung dalam satu perhimpunan pelajar yakni, SMU Komunitas Indonesia atau SMUKI. SMUKI telah diakui sebagai badan CCA (Co-curricular Activity) oleh SMU.

Kegiatan SMUKI

Gaya Acara utama SMUKI setiap tahun adalah Gaya, kependekan dari Gelar Budaya. Gaya adalah sebuah pagelaran seni yang diadakan pada bulan Februari setiap tahun. Dalam 6 Gaya terakhir, berbagai macam kesenian Indonesia, mulai dari cerita rakyat seperti Sitti Nurbaya dan Gajah Mada sampai Tari Saman dan gamelan, telah dipertunjukkan.

Selain Gaya, SMUKI juga memiliki berbagai kegiatan internal, seperti Graduation Night dan Orientasi pelajar Indonesia.
Contacts

Website: www.smuki.org
Twitter: @smu_ki


Ada pertanyaan?

Tanya aja, kami akan menjawabnya!

nida_smuputra_smuayu_smu

About the Author

Artikel Terbaru

  • saera

    aku masih kls 2 sma,syarat2 sm biaya untuk tahun 2014 kira2 brp ya?

    • Putra Muskita

      Hi Saera, kalo tentang biaya untuk tahun 2014, kita juga belom tau. Biasanya memang ada kenaikan biaya dari tahun ke tahun tapi nggak sampe drastis kok. Pake aja biaya untuk tahun 2013, bisa dilihat di artikel di atas. :)

    • Ayu

      Hi Saera, sebenarnya kelas dua SMA tuh waktu yg pas banget buat mulai persiapan kalo mau masuk SMU.

      Kenapa? Karena kamu masih ada kira-kira satu tahun buat mempersiapkan SAT dan memperkaya aktifitas ekskul :) di Jakarta banyak kok lembaga buat bantu SAT prep, that can be a place to start!

      it’s good to prepare early for SAT. Karena SAT salah satu faktor paling penting buat masuk SMU. Tiap tahun nilai SAT yg dibutuhkan semakin tinggi. Semakin lama semakin kompetitif untuk diterima di SMU.

  • Adinda

    Mau nanya nih, perlu enggak ngambil TOEFL juga buat apply ke smu?
    boleh enggak ambil TOEFL aja tapi ga ambil SAT? karena mahal yah ambil tesnya kalau satu aja cukup ga ya

    • ayu

      Hi Adinda, setau aku TOEFL gak necessary buat masuk SMU. SAT itu tes yg dipake hampir semua universitas internasional untuk menyeleksi aplikan, dan SAT nggak hanya ngetes kemampuan bahasa inggris karena ada komponen Matematika yg termasuk 1/3 dari skor total. SAT harus diambil buat semua yg mau apply ke SMU.

      Tes SAT memang butuh biaya, dan bisa diambil di berbagai tempat di berbagai kota di dunia. Biar gak buang biaya buat tes berkali2, lebih baik ambil les SAT dulu atau belajar otodidak lewat buku yg dijual di pasaran atau sarana online jauh sebelum hari tes supaya dapet skor yg diharapkan :D

      Coba cek http://sat.collegeboard.org/practice deh..

  • Citra

    Kalau lulusan D3 bisa gak

    • Nida

      Hmm untuk lulusan D3 bisa saja apply asal SAT mu kuat (diatas 1900) dan kemampuan Bahasa inggris mu juga kuat.

      SMU akan melihat nilai sekolah mu juga pada tahap UAN dan juga pada tahap D3. Jadi, kalau kamu pelajar yang nilainya keren-keren dan aktif dalam kegiatan mahasiswa, it shouldn’t be a problem. Namun ingat, SMU juga akan melihat kamu mendapat D3 dari institusi yang mana. Jika dari institusi yang mempunyai nama di pandangan mereka, akan sangat membantu. Jika tidak, akan mempersulit kemungkinan kamu di terima di SMU>

    • Bella

      Saya mau tanya syarat apa aja buat masuk di SMU dan biaya 2015 skitar brpa yang ga ad beasiswa ?;)

  • Yuanto

    Nice to see this website. I will be joining SMU as a faculty member in the School of Accountancy this coming July :) Very excited to meet Indonesian students in SMU!

  • William Suanto

    Hi! Biaya hidup di SMU berapa ya kalau boleh tau? Kalau biaya makan sebulan keluar berapa ya? Saya ada pikiran buat masuk SMU tapi orang tua saya juga consider masalah biaya. Terima kasih

    • Putra Muskita

      Hi William, untuk biaya hidup tergantung masing-masing orang, tapi kira-kira $600-$1,000 per bulan, tergantung ngiritnya seberapa. :) Biaya hidup mahasiswa SMU relatif lebih mahal dibanding NTU/NUS karena letaknya di tengah kota. Makan di food court kira-kira $4 sampai $5 sekali makan. Semoga membantu!

    • Nida K

      Hi William!

      Untuk gambaran yang lebih detail, baca artikel kami yang ini deh
      http://sekolahsg.com/the-costs-of-studying-in-singapore/

      Akomodasi – bisa sekitar $600 sampai $1,000 tergantung lokasi dan fasilitas. Kalau dekat Orchard, daerah dekat SMU bisa makin tinggi lagi tapi karena sarana transportasi di Singapur cukup baik, kamu bisa tinggal di daerah pinggir kota kok!

      Transportasi hmm antara $1.60-$2.00 – yaa anggap aja rata rata $3 sehari deh kalau enggak muter kemana-mana. Kali 30 hari, sekitar ~$90-100 untuk transportasi dalam sebulan lumayan cukup

    • ayu

      Another accommodation option yang bisa diconsider tuh SMU Hostel yang emang mendahulukan freshmen :D
      You can apply once you receive official offer from SMU. Ini buat info lebih lanjut http://smu.edu.sg/about/campus/hostel/smu-residences-prinsep/apply

  • http://- Chelsy

    Hi ak ud dftarin diri ke smu. Tetapi belum di confirm apa my document ud direceived sucessfully atau belum. Jd kira2 tunggu brpa lama ya dihubungin?
    Balas ke email ya. Thanks:)

    • Nida K

      Hi Chelsy,

      Hmm, Chelsy baru mendaftar diri ke SMU pada tanggal April 4 yah? Pendaftaran ditutup tanggal April 1 2013 loh.. Sepertinya Chelsy telat mendaftar.

      All the best! Maybe they’ll consider your applications for next year’s admissions.

  • http://tiarapuspitaloka.blogspot.com tiara

    Hey aku masih kelas 1 SMA, dan kalo mau ngambil mangment disana aku bingung harus ambil ipa atau ips?, nah dan seandainya nanti aku bisa masuk ke SMU melalui deplu apa aku harus mengikuti test juga? Test apa saja yang harus aku ikuti ?

    • Putra Muskita

      Hai Tiara,
      Kalo untuk SMU sendiri sih nggak terlalu penting ambil IPA/IPS. Aku sendiri dulu waktu SMA ngambilnya IPS kok, dan nggak ada masalah diterima di SMU. Kalo yang deplu maksudnya apa ya? Untuk mahasiswa internasional sih memang standarnya selalu SAT dan TOEFL/IELTS. :)

  • Bobby

    Halo, boleh nanya? Gue sekarang duduk di SMA kelas 2 jurusan IPS. Selain SAT & TOEFL/IELTS, dokumen dengan nilai-nilai minimum yang dibutuhkan dari rapor SMA kita berapa ya? Terus, apakah kita perlu kasih hasil SMA UAN sebagai dokumen pentingnya, padahal UAN kan baru akan berlangsung sekitar pertengahan April tahun depan? Atau, bagaimana ya persyaratan resmi untuk lulusan Indonesia? Satu lagi, gue engga ada ikut eksul apa-apa nih, bagaimana ya pengaruhnya kira-kira? Terimakasih udah menyempatkan waktu untuk melihat dan merespon. Saya sangat tertarik untuk melanjutkan sekolah di Singapura tahun depan maka dari itu saya ingin menyiapkan diri sebaik-baiknya dari sekarang. Sorry merepotkan! :D

    • Putra Muskita

      Hey Bobby:
      1) Kalo untuk nilai rapor sih nggak ada minimum, tapi pastinya lebih bagus lebih baik. Yg paling penting emang melewati skor minimum SAT (1900); untuk yang lain-lain, nggak ada nilai minimum, tapi SMU bakal ngeliat application lo secara keseluruhan (misalnya nilai rapor nggak terlalu bagus, tapi mungkin bisa dicompensate nilai SAT).
      2) Untuk nilai UAN, dari pengalaman gw, elo bisa kasih nilai UAN bayangan dulu. Skor resmi bisa lo kirim setelah keluar aja.
      3) SMU emang biasanya pengen mahasiswanya punya interest dan kegiatan yang banyak, di samping bidang akademis. Kegiatan ini nggak harus dalam bentuk ekskul. Misalnya elo les gitar, atau pernah ikut ngajar bahasa Inggris ke anak jalanan, semuanya itu tetep bisa lo pake di essay lo. Nggak harus kegiatan di sekolah. Yang penting lo bisa nunjukin kalo lo punya interest di berbagai bidang.

      Semoga ngejawab ya! Kalo masih ada pertanyaan lain, jangan ragu untuk tanya.

  • annisa maharani

    halo, boleh nanya gak pendaftaran nya kapan? terus biaya pendaftarannya berapa? berkas yg dibawa buat pendaftaran apa aja? sistem ujiannya bgaimana? soalnya aku tertarik banget masuk di smu semoga bisa dibantu ya :) harap balasannya secepatnya ya hehe makasih

    • Putra Muskita

      Halo Annisa, semua info yang kamu tanyain ada kok di artikel kami. Silahkan dibaca!

  • linda

    Bisa gak sih kuliah sambil kerja disana? Trus kira2 ada program beasiswa ga utk lulusan d3 ? Terima kasih :)

    • Putra Muskita

      Hi Linda, di sini bisa kerja part-time sambil kuliah, maksimal 16 jam seminggu. Untuk beasiswa, nggak ada beasiswa yang khusus untuk lulusan D3, tapi tetep banyak beasiswa normal kok. Cuman mungkin kamu harus ngulang 4 tahun dari awal? Tergantung bisa transfer creditnya apa nggak. Semoga membantu!

  • ardi

    Halo halo, kalo biaya kuliah s2 di smu rata2 berapa ya? :)

  • Alans

    saya baca coment di atas kayaknya yang mau masuk ke smu hanya jurusan ipa/ips aja!! gman dengan jrsn Ipb apa bisa??? saya masih kelas 2 sma, niat jg mau kuliah ke singapura!!! apa di smu jg tersedia jrsna informatika?? maaf banyak Tanya soalnya masih belum paham sekali dengan maslah kuliah!!!

    • ayu

      Hi Alans,

      Untuk jurusan LPB bisa-bisa aja masuk SMU,karena requirementnya kan ijazah SMA dan nilai SAT. Tapi memang jurusan yang tersedia tidak ada yang khusus untuk background studi kamu. Kalau memang tertarik sekolah di SMU atau SG sebaiknya mulai sekarang sudah mencari tahu dan mempelajari SAT.

      Maaf, program informatika yang dimaksud yang seperti apa ya? Di SMU ada School of Information System yang fokus ke IT.

  • Kevin

    Mau tanya apa ada bedanya kalau apply di SMU pakai IELTS sama SAT , soalnya aku baca di admissionsnya pakai IELTS juga boleh asal min 6.5

    • ayu

      Hi Kevin,

      IELTS & SAT adalah tes yang mengukur dua hal yang berbeda, karena dalam IELTS hanya komponen penguasaan Bahasa Inggris yang dites, tetapi dalam SAT ada komponen matematika. Karena itu, IELTS tidak bisa menggantikan SAT.

  • isafira

    aku mau tanya nih, emang kalo mau kuliah di singapore harus ambil Junior Collage dulu ya?

    • ayu

      Hi Isafira,

      Untuk masuk SMU tidak harus ambil Junior College (JC) dulu. Ijazah SMA, nilai dan ekstrakurikuler yang baik, dan nilai SAT yang memenuhi adalah apa yang harus kamu siapkan untuk masuk SMU.

  • Rohman

    Hi..
    kalau kita keterima di smu,trus kontrak 3 tahun ikatan dinas d sgpura(tuition grant),nah pas kita ikatan dinas 3 tahun,kita di gaji gk sama prusahannya?

    makasih ats jwbnnya..

    • ayu

      Hi Rohman,

      Selama kita kontrak kerja tentunya kita menerima gaji dari perusahaan.

      Kontrak kerja mengharuskan kita untuk bekerja di Singapura atau perusahaan milik Singapura selama tiga tahun, tapi tidak akan menyentuh gaji yang merupakan hak kita. Don’t worry!

  • Nurul

    Halo, mau nanya nih, aku sekarang duduk di kelas 2 SMA, apa yang perlu di siapin buat masuk SMU ya? Aku sih maunya masuk SMU pake scholarship, kira2 peluang bagi murid Indonesia buat masuk ke SMU itu besar ngga sih? Seberapa sulit buat apply scholarshipnya? Bisa tolong jelasin step by step buat apply nya ngga? Hehe, maaf banyak nanya banget tp pingin banget bisa masuk SMU.. Tolong dijawab ya :)

    • ayu

      Hi Nurul,

      Semua yang kamu tanyakan ada kok di artikel kita, silakan dibaca dan dipersiapkan sedini mungkin ya :)
      Tapi kalau kamu punya pertanyaan yang spesifik, coba deh email langsung ke SMU Admissions di admissions@smu.edu.sg

  • Windy

    Mau tanya…saya skrg naik kls 2 SMA..rencananya mau pindah kelas 3 ke singapore…apa di SMU ada foundation ?
    Trs mata pelajaran apa saja yang di test kan kalo saya ambil jurusan akuntansi ?
    Hehehe…thank’s

    • Putra Muskita

      Halo Windy,
      Di SMU ada program yang mirip foundation, yaitu Bridging Programme, tetapi yang pasti kami sarankan kalau kamu mencoba apply langsung terlebih dahulu. Untuk masuk Bridging Programme ini juga kamu harus memiliki ijazah SMA. Tes masuk jurusan manapun di SMU adalah tes SAT; tidak ada mata pelajaran khusus yang dites. Semoga membantu.

  • Kevin

    Kak mau tanya kan saya di SMA ambil jurusan ips, kebetulan saya pandai di bidang ekonomi tetapi saya lemah di bidang geografi jadi nilai saya kurang bagus. Saya mau tanya apa kira-kira hal seperti itu dipertimbangkan di SMU jika saya mau ambil jurusan akuntansi/ekonomi

    • Putra Muskita

      Halo Kevin,
      Sepanjang pengetahuan saya, SMU selalu melihat nilai, kemampuan dan achievement kamu secara keseluruhan. Tentunya nilai bagus di ekonomi menjadi nilai tambah, tetapi nggak usah takut juga kalau nilai geografimu kurang bagus; yang penting adalah kamu memiliki achievement di bidang-bidang lain juga.

  • Debby

    Saya sekarang sudah di akhir semeter 2 , dan berencana utk transfer SMU dan apa persyaratnnya ? Thankyou

  • irawan

    bro sayasudah kuliah semester 3 di indonesia kira-kira nanti pas semester 5 saya mau nglanjutin di SMU bisa gag ya..? tp beasiswa

    • Putra Muskita

      Halo Irawan, sejujurnya nggak mudah untuk transfer ke SMU karena pedagoginya cukup berbeda dengan sekolah-sekolah lain, terutama universitas di Indonesia. Tapi apabila kamu kandidat yang sangat baik, tidak ada salahnya mencoba!

  • Evi

    apa saja persyaratan untuk masuk ke SMU?
    apa di Singapura ada mahasiswa yang kerja paruh waktu seperti di Aussie?
    kuliah di SMU susah tidak?
    thank atas inform nya :)

    • Putra Muskita

      Halo Evi,
      Persyaratannya bisa dibaca di artikel kami di atas; semua info yang kamu perlukan tinggal dibaca saja di atas.
      Di Singapura bisa bekerja paruh waktu, maksimal 16 jam seminggu.
      Kuliah di SMU tidak mudah, tetapi bila kamu cocok, pasti bisa! Yang penting kerja keras.
      Sama-sama!

  • Evi

    bagaimana caranya dapat subsidi dari pemerintah?

    • Putra Muskita

      Halo Evi, subsidi pemerintah sudah otomatis diberikan. Tentunya, nanti saat pendaftaran SMU akan menanyakan apakah kamu ingin mengambil subsidi pemerintah (berikut ikatan kerja 3 tahun), tetapi tidak ada persyaratan istimewa untuk menjadi eligible.

  • Henry

    Jadi klo mau masuk SMU cma butuh SAT sama ijazah SMA ya??? Ga ada tes” lain???

    • Putra Muskita

      Halo Henry, tes lain mungkin TOEFL/IELTS, tapi nggak ada entrance examination dan sejenisnya.

  • vania

    Sorry mau nanya nih intake SMU kapan aja ya? hehehe
    Trus subjects apa aja yang harus diambil buat SAT?
    Toefl and IELTS itu gakperlu ya?
    Kalau untuk A-level harus berapa subjects ya?:$

    • Putra Muskita

      Halo Vania, SMU intakenya cuma 1 kali setahun yaitu pada bulan Agustus.
      Untuk SAT, kamu cuma perlu mengambil SAT I. SAT Subject Tests tidak perlu (meskipun kalau kamu ingin juga nggak ada salahnya).
      TOEFL dan IELTS tetap perlu. Kadang-kadang kalau skor SATmu cukup bagus, SMU nggak perlu TOEFL/IELTS. Tapi kami menganjurkan kamu untuk tetap mengambil.
      Untuk A-Levels, bisa dilihat di sini: http://admissions.smu.edu.sg/apply/admissions-requirements/singapore-cambridge-gce-a-level

      Semoga membantu!

  • Adinda Renata

    Hai saya dinda, skrg kuliah s1 di Indonesia. Ketika lulus nanti sy ingin melanjutkan kuliah di Singapura, apakah sy harus mengulang kuliah s1 di sana atau bisa lgsng ambil s2 ? thanks :)

    • ayu

      Hi Dinda,

      Kalo sudah tamat S1 di Indonesia bisa langsung melanjutkan S2 :)

  • Vladimir

    Saya siswa SMK (pariwisata) dan tertarik untuk kuliah di SMU, apakah ada halangan siswa SMK masuk SMU?

    • Putra Muskita

      Halo Vladimir,
      Sejujurnya sepanjang pengetahuan saya belum ada siswa SMK yang masuk SMU, tapi daftar aja! SMU really values people with different experiences and you could fit the bill. Kalo di SMK itu ikut UAN juga nggak ya?

  • jennifer

    hello :)
    saya sekarang masih kelas 2 SMA, saya tidak pernah mengikuti kegiatan seperti osis, apakah itu akan banyak mempengaruhi untuk bisa diterima di SMU?
    saya sepertinya ingin mengambil business management di SMU, adakah perbedaan kurikulum antara SMU dan university swasta di singapore yang lain? dan mana yang lebih baik?
    apa persaingan antar mahasiswa di SMU ketat?
    Dan biasanya proses tes wawancaranya seperti apa ya? Dan bagaimana agar saat proses wawancara kita bisa mendapatkan nilai yang baik agar bisa diterima?
    terimakasih :)

    • Putra Muskita

      Hi Jennifer,
      1) Pastinya kalau pernah ikut kegiatan seperti OSIS lebih baik, tapi kalau nggak juga gak apa-apa. Mungkin kamu bisa main piano, jago main volley, atau aktif di kegiatan sosial? Pengalaman-pengalaman seperti itu pastinya juga diconsider oleh SMU.
      2) SMU sebenarnya hitungannya bukan universitas swasta, tetapi setengah private & setengah government. Tentunya kurikulumnya agak berbeda. Cara belajar-mengajar SMU pun berbeda dari NTU dan NUS. What matters is not whether SMU is better than the others, but whether you’re a good fit for SMU (i.e. you are able to adapt to its “different” style and able to eventually grow as a person out of that experience).
      3) Persaingannya ketat, karena banyak sekali anak-anak dari sekolah-sekolah bagus di Singapura dan negara-negara lain (China, Indonesia, India). You obviously need to work hard!
      4) Saat wawancara biasanya pertanyaannya berkisar di bagian bisnis/ekonomi serta pengetahuan umum. Kalau kamu tidak berada di Singapura, wawancaranya biasa dilakukan melalui telepon dan kira-kira berlangsung selama 15 menit.

      Hope this helps!

  • Ocan

    Halo, saya tertarik mau kuliah Di SMU, kalau mau ngambil S2 nya gimana ya ? Saya bingung ni. Program S2 ny apa saja sama biaya S2 ny ? Terus gmna ya cara daftarnya ? Maaf y agak banyak d tanya, tolong infonya teman. :)

  • etha

    hallo,mau tanya kalau ijasah SMAnya ijasah diseterakan (paket C) bisa gak??
    soalnya dulunya homeschooling.. ditunggu jawabannya.. terimakasih

    • Putra Muskita

      Halo Etha,
      Sejujurnya teman-teman saya di SMU nggak ada yang homeschool, tapi daftar aja! SMU really values people with different experiences and you could fit the bill. Pokoknya, do well in your SATs!

  • Anggi

    Hi, I’m an A Level student from a public school in Jakarta. I have just received my As Level results.. it’s ACCC for Biology Chemistry Mathematics and Physics. I’m taking my A2 this October. If I got A*BBA for my A Level and decent scores in UN, do you think I still stand a chance for a scholarship? Thanks! :D

    • Putra Muskita

      Hi Anggi,
      To be honest I’m not sure how you would fare; you’d probably better off asking someone from SMU’s admissions department. Nonetheless, do the best you can, and just try applying! What’s great about SMU is that you don’t necessarily have to be the smartest person in the room. They look at other qualities as well, like leadership experience, interests in arts and sports.
      If I may give you a piece of academic advice: do really well on your SATs. I think it does help with your chances a lot.
      Good luck!

  • Ale

    Hi kak, mau nanya nih, magang-nya mahasiswa SMU kyk gimana yah? kalo aku liat di Univ Indo tuh kan magang jadi makul wajib dan ada nilai kredit semester, biasanya di semster 7 selama bbrp bulan…nah klo di SMU gitu gak?

    • Putra Muskita

      Hi Ale,
      Kalo di SMU, magang (atau internship) itu wajib, minimal 10 minggu. Biasanya anak-anak SMU magang setiap summer (April-Juli) tapi kadang-kadang bisa juga yg lebih lama (6 bulan) tapi harus cuti satu semester. (Untuk magang yang agak lama seperti ini tentunya ada requirement-requirement lain yang harus dipenuhi.) Di SMU hitungannya sih bukan jadi “mata kuliah”, pastinya akan dinilai tapi nggak masuk ke perhitungan IPK. Yang penting ketika lulus, sudah memenuhi 10 minggunya itu. Hope this answers your question!

  • fani

    hai.. kalo mau lanjut s2 di SMU.. syaratnya apa aja ya?
    thanks

  • fani

    terus ada informasi tentang beasiswa s2 ga ya?
    thanks

  • Hans

    Mau nanya kalau ga ada ijazah sma bisa masuk smu? Jadi nti disana foundation dulu baru kuliah.dan berapa kira-kira biaya pendidikan 1 tahun di smu

    • Putra Muskita

      Hi Hans,
      Kalau masuk SMU perlu ijazah SMA.. Karena foundationnya bukan untuk dapet sertifikat khusus tapi cuma untuk membantu bahasa Inggris & ambil tes SAT. Biayanya bisa dilihat di artikel di atas. Hope that helps!

  • Isabella Revina

    Hai! Aku mau nanya dong,aku sekarang duduk di kelas 2 SMA dan tertarik untuk masuk SMU di jurusan Social Science. Boleh tolong kasih gambaran ga Social Science di SMU itu belajar apa aja? dr 3 majors yang ada itu boleh kita pilih salah satu atau kita akan mempelajari ketiganya secara keseluruhan? Thankyou in advance :))

    • Nida K

      Hi Isabella,

      That’s a very good question. Untuk dua tahun pertama, kamu akan mendapat pelajaran dari 3 core discipline: Political Science, Sociology dan Psychology. Semua Social Science students harus mengambil:

      1. Introduction to Political and Policy Studies
      2. Introduction to Psychology
      3. Understanding Societies
      4. Introductory Statistics

      Nah pada akhir tahun kedua baru kamu memilih spesialisasi, minimum satu major dari Social Science dimana kamu harus mengambil 7 kelas dari major yang kamu pilih. Kamu juga bisa ngambil 2 major juga kalau mau dalam Social Science atau dari Fakultas lain. Kakak sendiri mengambil Political Science dan Marketing dan banyak teman kakak yang mengambil Psychology dan Corporate Communications, Sociology dan Accountancy ataupun Political Science dan Law.

      Yang pasti mnimum kamu harus milih 7 kelas dari pilihan kamu. Tiap tahun bisa berganti-ganti.
      Untuk detailnya coursesnya lihat ini yah: http://socsc.smu.edu.sg/socsc/programmes/bachelor-social-science/detailed-curriculum/detailed-curriculum

  • hilma

    hello kak,
    perkenalkan nama saya Hilma Nurfahmiati saat ini saya duduk di bangku kelas XII. SMA Jurusan IPS. tahun depan saya ingin sekali melanjutkan sekolah di SMU, tapi saya ingin jalur scholarsip dan yang saya tanyakan apakah kita terlebih dahulu mendaftar beasiswa atau nanti ketika kita sudah menjadi mahasiswa di SMU ?
    Thank’s

    • Putra Muskita

      Hi Hilma,
      Dua-duanya bisa. Saya anjurkan langsung ambil dari sekarang saja; in case nggak dapet, masih bisa reapply setelah mulai kuliah.
      Good luck!

  • Nofina

    hai kak, mau nanya nih kalo di smu ada scholaship buat freshmen gak? terus cara ngedapetinnya gimana? makasih:D

  • Amellia

    Kalo kuliah disama bisa sambil kerja ga sih ?

  • lia

    Hi. I am currently in my 2nd year of university in Indonesia, but i am considering to apply to SMU with a change of major (so i think i do not need a credit transfer).
    My questions are:
    1. If i take accountancy or business management is it possible to graduate in 3.5 years or less because the site says that the course is a 4 years program?
    2. Is there any scholarship program i may apply? I graduated from high school in 2012, with a pretty good score on my Ujian Nasional. Beasiswa yang biasanya didapat anak2 dari Indonesia apa ya?
    3. Berarti yang dibutuhkan hanya SAT & TOEFL(tidak mandatory) ? apakah sy butuh mentranslate ijazah?
    4. Tidak adakah kelas yang dibuka dari Bulan Januari?

    Thanks in advance :)

    • Nida K

      Hi Lia,

      1. It’s possible to graduate in 3.5 years or less if you manage to fulfill all of the credit requirements needed to graduating. I have a couple of friends who have graduated in 3.5 years or earlier. The only way they were able to do this is by taking lots of summer courses or to cram a lot of courses in one semester. It has its costs of course. You’ll have to pay extra for summer courses and you’ll have more workload than everyone else. Typically a regular semester would have about 4-5 courses… 6 is a bit insane. But if you can cope, all the more power to you!

      2. There’s lots of scholarship programs that you can apply for if you’d like to apply for SMU – some are for Indonesian students (check out the Tanoto Scholarship) some are for specific programs in the school, some are given for new prospective students like you and many are for current students.
      http://www.smu.edu.sg/smu-scholarships

      3. Yes do your SAT! I don’t think you need to translate your high school ijazah but you may want to do that for your University records. It’s not explicitly needed but it may help.

      4. There are always classes running throughout the year but there is only one intake each year in the fall so be sure to apply for next year’s admission!

      Good luck!

  • lia

    oh iya satu lagi, apakah beasiswa bisa diapply sebelum kita dinyatakan diterima di SMU? atau kita harus sudah resmi undergraduate student di smu?

    • Nida K

      Both. Kamu bisa apply beasiswa sebelum diterima di SMU dan sesudah resmi undergraduate student di SMU. Ini semua tergantung scholarship program yang mana!

      Untuk kamu sekarang, apply yang menyatakan “Freshman” scholarship
      http://www.smu.edu.sg/smu-scholarships

  • Jeni

    Apakah study loan dan tuition grant scheme masih ada? soalnya jarang nemu tulisan soal itu yang baru2 ditulis. hehe ditunggu kak ;)

    • Putra Muskita

      Hi Jeni,
      Masih ada kok! No worries. :)

  • Jonathan

    Kak kalo SAT score nya krg dri 1900 apa masih bisa dterima?

    • Putra Muskita

      Hey Jonathan, pastinya agak susah. At the very least, try to reach 1900. Tapi in any case, tetep coba daftar aja. But highlight other parts of your application that can help you (aktif berorganisasi, nilai rapor yang bagus, dll).

  • Bella

    Kak mau tanya di SMU ada scholarship gak for business degree?

    • Putra Muskita

      Ada kok… Scholarshipnya biasanya buat any degree bisa. Baca aja termsnya sebelum apply.

      • Bella

        okay thank you.

  • Stephen

    Hai mau nanya nih, biasanya anak2 indo di SMU tinggal daerah mana yah?
    Saya sedang mencari2 tempat tinggal untuk intake s2 nih…. thanks buat bantuannya :)

  • Bagus

    Hai kak! Aku lagi tertarik sama Accountancy SMU nih. Kalo ada nomor HP, e-mail, PIN BB dari kakak-kakak boleh dong di-share. Saya mau tanya-tanya yang agak lebih intensif nih. Terutama masalah pendaftaran. Thanks~!

  • nata

    hai sister, aku lagi searching dan rencana pingin kuliah LLM di SMU, tolong di recomend donk ada alumni yang dari indonesia gak, biar aku bisa tanya2 langsung tq ya

    • Putra

      Halo Nata, program LLM di SMU ini relatif cukup baru, baru ada beberapa angkatan jadi sepanjang pengetahuan kami, belum ada anak Indonesia yang sudah lulus dari program tersebut.

      Ada pertanyaan spesifik yang mau ditanyakan? Mungkin kami bisa membantu cari jawabannya.

  • Alvin

    Hai. Gua ada planning buat lanjut kuliah di SMU pake tuition fees. Apakah program tuition fees udah satu paket dengan tempat tinggal? Trus, kita tinggal rame-rame atau satu kamar per orang? Trims :)

    • Putra Muskita

      Hello, maksud lo tuition grant? Gak sepaket sih, elo harus apply lagi untuk tempat tinggal separately. Tapi untuk international student biasanya dapet prioritas kok. Basically kalo di Prinsep Street hostel (gw dulu tinggal di sini juga), elo bakal share 1 apartemen sama 4-5 orang lainnya. Ada 2 kamar double dan 2 kamar single. Setau gw SMU gak ada sih dorm yang rame-rame ampe 4-6 orang sekamar gitu..

      Semoga menjawab! :)

      • Alvin

        Oke, thank you :)

  • Tyara

    Halo kak, aku udah mulai apply buat ngelanjutin sekolah di SMU. Nah tapi pas ngisi form bagian Educational Background. Ada email atau contact yang bisa aku hubungi nggak ya kak? Hehe makasih :)

    • Putra

      Hello! Gw udah lupa sih formnya kayak apa since gw masuk SMU udah 6 taun lalu, bisa dijelasin gak kayak apa?

      Setau gw sih normal aja ya, kayak SMP & SMA dimana etc.

  • Tyara

    *Aku kurang ngerti bagian Educational Background itu yang harusnya diisi apa aja hehe. Maaf kak salah ketik tadi :)

  • edelin

    halo, aku mau tanya nih
    kalau mau masuk smu kan butuh sat
    kalau di jakarta SAT bisa diambil dimana ya? karena saya lihat websitenya iief dia sudah tidak meneydiakan sat lagi

    • Putra

      Ini untuk ambil testnya ya maksudnya? Kalo untuk test, elo daftar di collegeboard.com, kalo dulu pas di Jakarta gw ngambilnya di Jakarta Int’l School sama Sekolah Pelita Harapan yang di Karawaci.

      Untuk les SAT, dulu gw ambil di Pascal: http://pascaledu.com/about, lesnya di gedung Patra Jasa di Gatot Subroto. Lumayan sih, skor gw naik kira2 200 point setelah les.

      Hope this helps!

  • Zoraya

    Hai, aku udah nganggur sekolah 2 tahun sejak lulus SMA tapi aku rencana mau lanjut kuliah lagi. Apa aku masih bisa daftar di SMU? Masalahnya aku belum prepare apapun..

    • Putra

      Coba aja… Sejak lulus SMA ngapain aja?

  • dominic liu

    Hello, soal daftar ke SMU.

    1. Harus isi etnis di application form. Apa tujuannya?

    2. Passport and Singapore Student Pass (SSP) di bagian required documents. Benarkah SSP untuk application/admission? Bukannya itu setelah diterima di SMU?

    3. (lebih ke kultur) Saya membayangkan mahasiswanya tertib dan disiplin. Bagaimana nyatanya? Nakal? Suka bolos (kayak di Indonesia)?
    Saya baca di artikel 8 Tips Belajar di Masa Kuliah (http://sekolahsg.com/8-tips-belajar-di-masa-kuliah/), benarkah mahasiswanya seperti itu (tak jauh beda dengan Indonesia dong)?

    Thank you.

    • Putra

      Hey,

      1. It’s a normal Singapore thing. Di KTP mereka juga selalu ada box ethnicity. Don’t worry about discrimination or anything like that. :)

      2. Student Pass emang baru diissue setelah elo diterima di sekolah manapun di S’pore. So it would probably apply to junior college/polytechnic students who are already studying in Singapore before uni – NOT if you’ve never been a student in Singapore before.

      3. Pastinya beda sama di Indo. Kalo di SMU especially, 15-20% dari final grade itu diitung lewat class participation – pastinya elo gak bisa score kalo sering bolos.

      Memang ada beberapa kelas yang gak itung attendance, jadi kadang ada aja yang bolos. Selama lo bisa score di final exam, it’s really up to you. Dari pengalaman gw 4.5 tahun di SMU sih, alesan orang-orang yang bolos kelas adalah group project deadline, belajar buat kuis kelas lain, interview untuk internship, atau karena acara ekskul. Banyak juga yang bolos kelas, tapi instead ikut kelas di hari yang lain.

      In short, SMU is extremely competitive and it’s rare to find students who skip a lot of classes just because they’re lazy. It’s not easy, but it’s really rewarding. You grow a lot.

      Good luck!

      • dominic liu

        competitive. challenging. great. interesting. can’t be lazy anymore. yang penting gak malas2 dan ogah2an :D

        • Putra

          Good luck! :)

          • dominic liu

            oh ya kalo misal sudah mahasiswa di Indo tapi mau pindah ke SMU. dan akan berhenti dari situ jika diterima di SMU. kira2 bakal dilihat tidak? atau status mahasiswa itu tidak mempengaruhi admission?

          • Putra

            It has happened before; ada beberapa temen gw yg kyk gitu. Sepanjang pengetahuan gw sih it won’t impact you positively/negatively…

          • dominic liu

            OK. itu sgt mmbantu. btw kmrin gw tnya office admission. klo udah mahasiswa di indo brrti bkal diconsider sbg transfer while priority is given to lulusan fresh. nah gw ga mau jd transferan. maunya mulai dr awal d SMU. gmn ya?

            klo senangkep gw tnya2, no matter udah mahasiswa/masih fresh, ttp ada kmgkinan diterima kuliah start dr awal. in case udah jd mahasiswa, bkal diconsider tranfer n keputusan diterima+msuk d tahun ke berapa itu ada d dekanat (dean’s office). so ga prlu berkecil hati dgn tmen2 yg lulusan fresh, right? asal application, dokumen n SAT kita dilihat bagus, right?

      • dominic liu

        ada gak yg kalo tugas kelompokan gitu cuman numpang nama doang? dan gak mau kontribusi?

        • Putra

          Haha pasti ada aja.. Seperti contohnya bbrp exchange students. Tapi it’s not representative of the SMU culture as a whole.

  • Jim

    Kak, saya dengar kalo masih kelas 2 SMA sudah bisa daftar di sini? Jadi kalo diterima, setelah lulus SMA nanti, kita bisa langsung bergabung dengan SMU? Tolong dijelaskan. Trimakasih.

    • Putra

      Kelas 2 SMA ya? To be honest gw blom pernah ketemu anak yg masih kelas 2 SMA udah masuk kesini, karena salah satu requirementnya buat anak Indo adalah hasil UAN.

      Kalo bukan UAN juga requirementnya IB/A Levels.

  • gian

    Kak, saya kelas 2 SMA nih kak, kira-kira pendaftaran tahun depan dibuka kapan ya kak, takut kelewatan hehehe

    • Putra

      Halo Gian, masih akhir tahun nanti.. Sekarang sebenernya masih buka untuk tahun ini, tutupnya nanti bulan April.

  • Pingback: Not Sure What To Major In? Go to Business School. | SekolahSG

  • Fitri Fadzilah

    hallo.. saya dari lulusan D3 nih. kira kira ada gak yah program ekstensi untuk yg ingin melanjutkan kuliah ke S1 di SMU?

    • Putra

      Halo Fitri,
      Setau saya agak susah ya, karena harus transfer credit segala jadi sepanjang pengetahuan saya biasanya gak ada program ekstensi untuk lanjut S1nya aja… Kalo boleh tau, D3nya jurusan apa?

  • karen

    Kalo aku jurusan ips, aku bisa nggak ikutan daftar di SMU? Soalnya aku pengen gabung di social science-nya SMU? Dan aku dapet info, kalo mau sekolah di SG, kita mesti ikut tes yang isinya math sama chemistry? tolong jelasin yaa.. :))

    • Putra

      Halo Karen,

      Bisa kok, kebetulan saya dulu juga masuk jurusan IPS waktu SMA dan masuk Accountancy, harusnya no problem kalo kamu masuk Social Science.

      Untuk tes, tergantung mau sekolah di mana. Kalo mau masuk SMU, kamu harus ikut tes SAT (English & Math), bisa dibaca di sini: http://sekolahsg.com/tips-untuk-tes-sat/

      • Karen

        Kalo mau ambil course buat SAT di mana ya? selain di Pascal..?

  • Rifan Jefri Sunarsono

    hi putra..
    bro.. gw msih d smester akhir d slh stu univ. swasta dijoga n akhir agustus baru wisuda.. gw pngen ngelanjut s2 d SMU.. bisa nggak gw dftar dr skrng?secara kul jg blm kelar n buat bs ngedapetin beasiswa s2 tuh gmn d SMU?
    mhon bantuannya..

    • Putra

      Hi Rifan,

      Tergantung elo mau masuk jurusan yang mana, daftar lengkapnya bisa dilihat di sini: http://www.smu.edu.sg/programmes/postgraduate

      Misalnya elo mau ambil Master of Business Administration (MBA), ada minimum pengalaman kerja 2 tahun, jadi tentunya harus beres kuliah dan kerja full-time dulu…

  • iin

    mau nnya nih…untuk s2 akuntansi di SMU syarat yg harus dipenuhi apa saja ya??…terus gw juga masih awam banget sma cara dftr kuliah d luar negeri…
    mohon bantuannya yaa…thanks

  • nanda

    haloo mas . pengen nanya nih .
    adik saya mahasiswa akuntansi UI semester 2 saat ini . kalau mau kuliah di SMU tapi tanpa ngulang lagi gimana ya carany ? credit transfer gitu .
    thx for the respond :)

  • Sam

    Hello.. kira2 untuk s2 bisnis di SMU, persyratan apa saja yang dibutuhkan, umum maupun khusus ? apakah butuh GMAT ? terimakasih

  • Gusti Agung Ngurah

    hai. syarat untuk S1 bisnis apa aja ya ? selain akademik apalagi faktor yang bisa menetukan diterimanya di jurusan tersebut ?

  • Wawa

    haiii :D biaya kuliah bisnis menejemen berapa ya ? ^^

    • Putra

      Halo, seperti ditulis di artikel di atas, setahunnya $19,690 kalau memakai tuition grant.

  • Aliya

    Kak aku masih kelas 2 SMA nih dan anak IPA. Kira-kira bisa ga ya ke SMU tahun depan? Terus selain SAT prep harus persiapan apalagi ya? Hehe makasih

    • Putra

      Halo! Mungkin bisa sekalian TOEFL juga. Plus point untuk yang mau masuk SMU adalah aktif di kegiatan non-akademis, mulai dari olahraga, musik hingga kepemimpinan dan kegiatan amal. Would be good to develop that if you haven’t.

    • Putra

      Dan yep, jurusan SMA gak terlalu penting. Kalo sekarang kelas 2 SMA berarti Januari tahun depan udah semester terakhir kelas 3 kan yah? Kalo iya, bisa masuk kok tahun depan.

  • Hanifa

    Saya orangnya biasa-biasa aja, apa untuk dapat beasiswa ke SMU harus siswa-siswa yang juara umum? (saya masih SMA) Thx:D

    • Putra

      Halo Hanifa, nggak harus kok.. Pastinya kalo nilai bagus emang membantu, tapi kalo kamu aktif di organisasi luar sekolah (jadi kapten tim basket misalnya, atau juara gitar sekabupaten) itu juga membantu, karena SMU mencari anak-anak yang punya minat dan keahlian di berbagai bidang (well-rounded).

  • Pingback: 5 Important Changes in the New SAT | SekolahSG

  • Arif

    Hai Putra, saya sudah mengikuti syarat SMU dengan mengikuti SAT, IELTS dan UN. Selain interview, apakah ada ujian masuk yang harus saya ikuti sebelum bisa masuk ke SMU?

    • Putra

      Halo Arif, interview aja kok. SMU gak ada entrance examsnya. Semoga membantu!

  • Gian

    Kak, setelah baca-baca di website nya SMU tentang Information System Technology, jadi pengen nanya-nanya nih hehe.

    Jurusan tersebut lebih ke bisnis nya apa ke IT nya ya? Saya suka IT tapi belum terlalu mendalam seperti programming dll. Kalo belum punya basic programming yang kuat kira-kira disarankan untuk apply gak? Thank you before.

    Untuk tahun 2015/2016 kira kira kapan ya kak buka pendaftarannya?

    • Putra

      Halo Gian, dari yg gw denger dari temen-temen sih kalo di SMU lebih ke bisnis, jadi pastinya gak seteknis dibanding program computer science di NTU/NUS. Ada beberapa temen gw juga yang pas di awal gak ada background programming, tapi akhirnya fine-fine aja.

      Good luck! Untuk intake 2015 pendaftaran bakal buka di akhir tahun ini, biasanya buka sampe April 2015.

      • Gian

        Terima kasih atas reply nya kak wehehe.
        Itu SAT kita harus siapin sendiri ya kak?

        Oiya kak, saya ada sertifikat IGCSE/O level untuk English, Math, dan Business Studies. Sertifikat tersebut bisa jadi nilai tambah gak ya kalo diikut sertakan? Secara kita kan orang Indonesia pake UN, tapi ada additional sertifikat CIE gitu,, Thx before kak

        • Putra

          Yup, untuk SAT lo langsung daftar aja di collegeboard.com.

          Kalo O Levels, boleh aja diikut sertakan kalo nilainya bagus, tapi gw gak tau seberapa jauh bisa membantu karena mereka liatnya A Levels.

          Hope that helps!

          • Gian

            Jadi intinya kalo mau daftar butuh apa aja dah ya kak?._.

  • Martin

    Kak, mau nanya. Ada gak temen kakak2 yang ketrima di smu dengan nilai sat dibawah 1900? Trims.

    • Putra

      Dulu ada tapi skrg udah agak susah kalo dibawah 1900.. Kalo blm lewat, kamu bisa consider masuk bridging programme.

  • rager

    kalau dpt beasiswa kuliah di SMU dan uda s1 tapi mau kerja & tinggal di sana apakah bisa? atau diwajibkan pulang?

    • Putra

      Setelah lulus maksudnya? Boleh kok kerja & tinggal di sini selama diterima kerjaan + dapat visa kerja.

  • dominic liu

    halo, saya baru dapet skor SAT 1410 (reading 400, math 560, writing 450). apa masih ada kemungkinan masuk SMU? kalau ada, kemungkinan masuk jurusan apa ya?

    thanks

    • Putra

      Halo Dominic, sayangnya agak susah karena minimumnya 1900. Tapi gak apa2, tetep aja daftar, kemungkinan kamu bisa masuk Bridging Programme.

  • jo

    haiii, social science tuh belajar apa ya?

    • Putra

      halo, garis besarnya ada 3 bidang: Political Science, Psychology & Sociology.

  • Emma Gurusinga

    hello :D

    mau nanya apakah di SMU bisa ekstensi S1 ke manajemen bisnis ?

    dan biaya nya brpa yh ?

    Thanks

    • Putra

      halo, maksudnya ekstensi S1 apa ya?

      • Emma Gurusinga

        ekstensi S1 artinya lanjutan kuliah, saya dari D3 mau nglnjut ke S1 ke SMU,apakh bisa yh ?

        • Putra

          biasanya sih agak susah, dianjurkan untuk ulang dari awal.

  • Edward

    Hello
    Minta info beasiswa untuk s2 management bisa? tolong yang lengkap.. bisa kasi link ke email edward_mywork@yahoo.com. tolong ya. thanks for your help.

  • dodi

    jika dapat beasiswa apakah bisa kuliah sambil kerja part time?

    • Putra

      kerja part time boleh, maksimal 16 jam seminggu.

  • utama permana putra D3 MID

    bro, kalau dr lulusan D3 pgn daftar postgraduate MAIS bs ga ya?
    atau harus naik ke S1? soalnya saya denger” postgraduate itu D3 sm S1 selevel.
    mhn info nya.

    regards.

    • Putra

      kalo menurut website sih harusnya S1 karena dia bilangnya bachelor’s degree – kalo dia bilang “Diploma” baru D3 bisa..

  • Annither

    1. maksudnya bridging program itu gmn yaa??

    2. fee buat jurusan accountancy tanpa tuition grant gmn??

    3. cara apply scholar/tuition grant d smu itu sama atau beda dengan ntu?

    4. ada modules buat jurusan
    accountancy & business management?

    5. untuk beberapa government school kan d perbolehkan part time, itu lebih ke part time atau internship?

    6. part time d perbolehkan ga d smu? atau ada syarat” tertentu buat part time??

    thanks bangett yaaa.. kalau ga merepotkan boleh mnta tolong d jawab d email?? d annither12@yahoo.com

    • Putra

      1. Bridging program itu program 6 bulan belajar Bahasa Inggris & SAT di SMU untuk mahasiswa internasional, biasanya mulai bulan Januari.

      2. $ 37,830 per tahun

      3. Saya kurang tau kalo NTU gimana, tapi kalo SMU biasanya barengan sama pendaftaran biasa.

      4. Module apa ya maksudnya?

      5. Dua2nya boleh, tapi kalo internship biasanya wajib.

      6. Part time boleh tapi maksimal 16 jam seminggu.

      • Annither

        thanks for the reply, btw.. biaya bridging program berapa yaa?

  • Ivan

    Halo admin, saya lagi tahun terakhir di jenjang S1, jurusan bisnis dan management.
    Kalau saya mau masuk S2 di SMU dengan jalur beasiswa caranya bagaimana ya?
    Terus syarat-syaratnya apa saja?

    • Putra

      halo, mau S2 apa? MBA?

      • Ivan

        Saya mahasiswa fakultas bisnis dan management, tertarik bua mendalami di bidang management atau bisnis dan keuangan. Apakah ada kira kira program beasiswa di bidang-bidang tersebut?

  • dedi

    apakah setiap jurusan dapat jatah magang? jika y kira2 gajinya brp y?

    • Putra

      Bukan “jatah” sih, tapi tiap mahasiswa harus apply sendiri. Gajinya tergantung perusahaan, tapi biasanya sekitar $800.

  • didi

    nilai SAT yg diambil SAT 1 atau SAT 2(subject test)?

    • Putra

      SAT 1..

  • lala

    apakah perlu belajar O dan A level math?

  • Henry

    Kak ada tips buat test SAT gak??? CR nya sulit banget

  • Gian

    dokumen-dokumen yang harus di translate ke bahasa inggris apa saja ya kak selain rapor? terima kasih

  • Virgin Engkol

    Kak.. aku baru masuk kuliah tahun ini. Pengennya sih d singapore tp englishnya gk fasih. Jd rencananya ambil s2 d singapore. Tp sjrng aku jurusan akuntansi. Pngennya sih utk s2 ambil Mba. Bisa gk ya aku dpt full scholarship? Apa aja yg harus aku siapkan dari skrng.? Thanks

  • yochan

    halo saya yochan saya mau tanya skarang kan saya sudah kelas 3 dan rencana mau mengambil management perhotelan apakah SMU ini ada fakultasnya??

  • malvin larson

    gimana cara masuknya ya kan saya pengen ikut bisnis manajemennya nihh?

  • Airien

    Haloo, saya mahasiswi angkatan 2013. Saya masih bisa ikutan program beasiswa ke SMU ga? Makasiiiih

    • Airien

      Oiya maksud saya beasiswa utk S1 di SMU

  • Anita Yulianti

    Hallo mau nanya kalau ingin mengadakan kunjungan campus tour ke SMU gimna ya? Kami dri himpunan mahasiswa komputerisasi akuntasi dari BINUS university.

  • TBare Dean

    apakah kurikulum belajar mengajar harian ada perbedaan seperti di Inidonesia ?
    “saya butuh informasi terutama untuk S2 manajemen” trimakasih sebelumnya

  • amanda

    ka kalo saya mau ambil ekstensi di SMU bisa ga? saya dari D3 bisnis internasional UNPAD

  • Andy

    Kak syarat rapot dilihat ? Apa hanya interview sama sat ?

comments powered by Disqus