Yuk, Kuliah di NUS – National University of Singapore

kuliahdi_NUS

The Essentials

Mau tahu seperti apa sih kuliah di National University of Singapore? Semua tentang NUS ada disini loh. Kalau mau nanya nanya, komentar aja. Teman-teman kami di NUS akan menjawabnya.

(Terima kasih banyak untuk PINUS yang telah mengkontribusi artikel ini dan berbagai informasi penting lainnya!)


Kuliah di NUS

Mengapa NUS?

NUS adalah universitas bertaraf internasional yang kualitasnya diakui di dunia. Hal ini terbukti dalam peringkat NUS di berbagai ranking universitas yang terpercaya seperti QS World University Ranking dan Times Higher Education. Belum lama ini, NUS memperoleh peringkat kedelapan di dunia berdasarkan jumlah subjek yang menyabet top 10 di QS World University Ranking. Apa sih rahasia dari prestasi gemilang NUS di kancah internasional? NUS tidak hanya menawarkan varian mata kuliah dengan dosen-dosen yang sangat berdedikasi dan berprestasi tetapi juga menyediakan berbagai program seperti double degree, minor, exchange program, internship dan berbagai program-program spesial lainnya yang bertujuan untuk memaksimalkan potensi dari para mahasiswa dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi persaingan global. Selain itu, berbagai kesempatan untuk magang, berkuliah atau melakukan kegiatan sosial secara sukarela di berbagai belahan dunia terbuka lebar bagi para mahasiswa.

Selain program-program yang menarik, pada umumnya, mahasiswa NUS juga bisa memilih mata kuliah sesuai dengan minat mereka. Jadi, para lulusan diharapkan tidak hanya berkutat dengan jurusan mereka tapi juga mempelajari ilmu di luar jurusan sesuai dengan keinginan masing-masing.

Singkat kata, NUS adalah world class university yang menjadi tempat di mana kamu dapat menimba ilmu yang bermanfaat, menjalin persahabatan dengan orang dari berbagai belahan dunia dan mempersiapkan diri kamu untuk bersaing di dunia internasional.

Program apa saja yang tersedia?

NUS menawarkan beragam program dan mata kuliah dari 11 fakultas yang berbeda. Daftar jurusan yang tersedia dapat diakses di sini

Biaya Kuliah & Beasiswa

Biaya program

Perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk kuliah di NUS dapat diakses di sini. Bagi international student, biaya kuliah di NUS berkisar S$15,000 hingga S$46,000 per tahun. Biaya ini sudah termasuk subsidi dari pemerintah Singapura (MOE Tuition Grant) yang berarti setelah lulus kamu harus bekerja di Singapura atau perusahaan Singapura yang terdaftar selama tiga tahun. Jika tidak menginginkan subsidi, biaya berkisar S$30,000 hingga S$120,000.

Biaya untuk mahasiswa internasional adalah $21,750 per tahun untuk program Law. Biaya diatas termasuk subsidi pemerintah. Jika tidak menginginkan subsidi, biaya kuliah pertahun mencapai S$37,280.

Untuk rincian selanjutnya, baca aja di halaman biaya kuliah NUS.

Beasiswa di NUS

NUS menawarkan berbagai beasiswa. Beberapa di antaranya adalah ASEAN Scholarships dan SembCorp Scholarships. Detail beasiswa yang tersedia bagi international students dapat diakses di sini.

Mendaftarkan diri di NUS

Bagaimana cara mendaftar?

Penerimaan siswa baru terbagi dalam tiga tahap: online admission, University Entrance Examination (UEE) dan wawancara beasiswa. Online admission dapat diakses di website resmi NUS dan dimulai sekitar pertengahan Oktober. Di sana kamu akan diminta mengisi informasi diri, kegiatan ekstrakurikuler dan prestasi, baik akademis maupun non-akademis. Kamu juga wajib mencantumkan jurusan yang kamu inginkan. Kamu bisa memilih maksimal lima jurusan yang berbeda. Selain itu, kamu akan diminta mencantumkan nilai rapor. Setelah melengkapi seluruh data yang diminta, kamu harus mengirimkan fotokopi dari rapor, ijazah (bila sudah ada) dan prestasi kamu lewat pos. Jangan lupa untuk cek e-mail kamu secara reguler karena undangan untuk mengikuti UEE akan dikirim lewat e-mail. Jika kamu lolos UEE dengan nilai memuaskan, kamu akan dipanggil untuk wawancara beasiswa.

Apa yang harus saya persiapkan?
Prestasi akademis dan non-akademis NUS bukan hanya mencari seseorang yang pandai secara akademis tapi juga seorang well-rounded individual yang aktif dalam kegiatan non-akademis. Karena itu, selain nilai yang memuaskan, mengikuti berbagai ekstrakurikuler dan memiliki prestasi di luar akademis pastinya bisa menjadi nilai plus tersendiri.

Mata pelajaran yang akan diuji dalam UEE Di Singapura, pendaftaran universitas pada umumnya memerlukan nilai A Level dari subjek yang berhubungan dengan jurusan yang kamu inginkan. Sebagai international applicant tanpa hasil ujian A Level, kamu akan diminta mengikuti UEE yang ekuivalen dengan A Level. Karena itu, penting banget untuk mempelajari materi A Level dari mata pelajaran yang diujikan dalam UEE. Kamu juga akan diminta membayar biaya tes sekitar 20 hingga 40 dolar.

Komunitas Indonesia di NUS

Pelajar di NUS

International community Komunitas pelajar internasional di NUS datang dari sekitar 100 negara yang berbeda. Walau mayoritas pelajar di NUS berasal dari Singapura, NUS mempunyai kaum pelajar yang cukup internasional. Tiap tahun NUS juga menerima banyak pelajar dari Amerika, Eropa dan Korea untuk program pertukaran pelajar mereka.

Pelajar Indonesia di NUS

Komunitas Indonesia yang erat Pelajar-pelajar Indonesia di NUS datang langsung dari SMA-SMA di Indonesia, atau telah lama tinggal di Singapura sebagai pelajar di secondary school dan Junior College di Singapura.

Apakah ada komunitas pelajar Indonesia di NUS?

Pelajar Indonesia NUS (PINUS) Karena banyaknya pelajar Indonesia di NUS, mereka bergabung dalam satu perhimpunan pelajar yakni, Pelajar Indonesia NUS (PINUS). PINUS terafiliasi dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia di Singapura (PPIS).

Kegiatan PINUS

NUANSA Acara utama PINUS setiap tahun adalah NUANSA, sebuah pagelaran kesenian dan budaya. Cerita-cerita yang telah mereka adaptasi menjadi musikal antara lain Bumi Manusia, novel Pramoedya Ananta Toer; Ca Bau Kan; dan Canting.

Selain NUANSA, PINUS juga memiliki berbagai kegiatan internal, seperti majalah MANUSIA dan Hari Olahraga Amal, sebuah acara olahraga tahunan yang bekerja sama dengan Misi Kami Peduli.

Contacts

Website: www.pinusonline.com
Twitter: @pinusonline


Ada pertanyaan?

Tanya aja, kami akan menjawabnya!

NUS_AdityaNUS_arveliaNUS_Albert

About the Author

Putra likes to write stuff, eat carbohydrates and ponder the meaning of life (sometimes in that order).

  • dewi

    Halo – perlu ambil SAT ga buat masuk NUS? Apa cuma TOEFL aja? Kalau IELTS gitu penting ga?

    • Aditya Aulia Wibowo

      Halo Dewi, untuk NUS ga perlu SAT kok, tp bisa juga dilampirkan sebagai supporting document. Waktu itu gw sendiri submit SAT ke NUS, karena kebetulan udah ambil SAT buat daftar uni-uni lain.
      As for IELTS, and TOEFL, lu cuma perlu pilih salah satunya doang. Hasil TOEFL atau IELTS ini juga penting dalam admission NUS.

      • wiriya

        kak saya mau kuliah business di singapore yang tidak terlalu mahal dimana ya? dan biasanya apa aja persyaratanya ya?

        • Putra

          Hello Wiriya,
          Secara garis besar kuliah di Singapura itu lebih murah kalo ke universitas negeri/public universities (NTU, NUS, SMU) dibanding ke universitas swasta/private school (SIM, MDIS, James Cook), karena biasanya elo juga bisa dapet subsidi pemerintah.

          Coba deh baca artikel-artikel kami di http://sekolahsg.com/sekolah-di-singapura/

  • Garda

    Katanya masuk NUS lebih susah yah daripada masuk ITB?

    • Aditya Aulia Wibowo

      Halo Garda, kalo masalah ngebandingin sih gw juga gatau, soalnya gw juga ga daftar ITB dulu.
      But, I must say that getting admitted to NUS is quite hard, at least for me.
      So, make sure to prepare well, especially belajar buat A-levelnya.

  • Janina

    Aku kelas 2 SMA dan tertarik masuk program kedokteran di Duke NUS program. Setelah lulus boleh ga saya bekerja di Indonesia? Dengar dengar susah yah..

    • Aditya Aulia Wibowo

      Kalau untuk kedokteran di Duke NUS program sih jujur gw kurang tau jelasnya, since kedokteran di NUS juga bisa dibilang jurusan yang lumayan “spesial”.
      Kalau masalah bekerja di Indonesia, pada umumnya semua foreign students yang belajar di NUS ataupun di local universities di Singapore punya kewajiban bekerja beberapa tahun di Singapore, setelah bond itu selesai baru bisa memilih untuk bekerja di negara mana.

  • TrollMeister

    Apakah tampang mahasiswa bisnis semuanya madesu kayak Kak Albert itu? Saya ingin meneruskan usaha Wood Industry bapak saya jadi saya pengen banget kuliah di NUS.

    • fanskokoritat

      kyaaaa kalian semua keren2 <3 <3 <

    • Albert Kurniawan

      oo tenang saja..tidak begitu..itu muka default saya..memang agak gimana gitu..

  • Bella

    NUS ada jurusan international business gak ya?

    • Albert Kurniawan

      Halo Bella,
      International business tidak disediakan di NUS..kalau bisa tahu apa yang kamu expect belajar dari international business?

  • Bella

    Kalo kuliah di NUS setelah lulus kita harus kerja di Singapore dulu ya untuk beberapa tahun? :)

    • Putra Muskita

      Hey Bella,

      Kalo lo apply buat Tuition Grant, then yes. Selengkapnya bisa dibaca di sini: http://sekolahsg.com/tuition-grant-vs-tuition-fee-loan/

      Kalo lo dapet scholarship, juga ada kemungkinan bond kerja. :)

      • Bella

        Thankyou for the information , Putra :)

        Kalo saya mau apply beasiswa ke NUS gimana cara nya ya? Mohon bantuan nya. Thanks before ;)

        • Putra Muskita

          Hi Bella, biasanya kalo apply beasiswa itu barengan pas apply ke NUSnya sendiri. Untuk detail beasiswanya bisa dilihat di sini.

          Semoga membantu!

  • Bella

    Kalo saya mau apply beasiswa ke NUS gimana cara nya ya? Mohon bantuan nya. Thanks before ;)

    • Albert Kurniawan

      Halo Bella,

      Buat international student bakal automatically considered..jadi tidak perlu apply terpisah..untuk lengkapnya bisa cek disini

      http://www.nus.edu.sg/oam/scholarships/

  • Magenta

    Kak ada rekomendasi buku yang bagus gak buat persiapan UEE NUS khususnya maths & physics? Aku gak ikut bimbel jd hrs belajar sendiri. I’m hoping to cram everything in 2 months (could’ve started earlier if I hadn’t found out about nus a few days ago though) thanks! XD

  • Monica M

    Kak, aku sekarang mahasiswa semester 1 di Universitas Indonesia, sedang mencari kesempatan untuk masuk ke NUS. Kalau aplikan sudah mahasiswa, tidak perlu menyertakan nilai rapor melainkan hanya nilai UN + sertifikat TOEFL/IELTS. Namun, saya belum punya sertifikat TOEFL / IELTS dan rencana akan tes. Apakah boleh menyertakan sertifikat itu setelah tanggal terakhir pendaftaran? Untuk mahasiswa, bagaimana sistem pendaftaran dari NUS? Mohon dijawab ya Kak. Terimakasih.

  • Candra Ardi

    Kak, apakah di NUS ada jurusan untuk desain engineering? atau jurusan yg berhubungan khusus dengan desain mesin? saya semester 3, bagaimana saran agar saya bisa kuliah disana?

  • ardhiani

    kak, mau nanya kalo masuk NUS itu ada test nya gak? klo ada tes nya apa aja? Trus klo misal mau ikut program beasiswa caranya gmna ya?
    makasih….

    • Putra Muskita

      Halo, ada testnya kok namanya University Entrance Examinations (UEE). Untuk lengkapnya bisa dilihat di artikel di atas, di bawah “Cara Mendaftar”. Informasi tentang beasiswa ada di bawah “Biaya Kuliah & Beasiswa”. Semoga sukses!

      • ardhiani

        makasih kak balasannyya,
        mau nanya lagi kak, hhe, sekarang kan saya masih kuliah smt 3 di s1 keperawatan, nah dri dulu sya udah pengen bisa sekolah di NUS. klo saya mau melanjutkan s2 keperawatan di NUS persyaratannya apa aja ya? dari IP, skor IELTS dan apakah sya juga harus punya pengalaman kerja dulu atau tidak?

        makasih kak,,,

  • Dewi Sartika

    di NUS ada jurusan international relations ga?

  • Wahyu riska Elsa pratiwi

    apa di NUS ada psychology department??? kalau ada gimana.kualitasnya..saya punya niat tgl di singapore dgn s2 d NUS mksh…

  • Cinintya Listianti

    Perkenalkan, saya Cinintya Listianti lulusan diploma IPB Manajemen Agribisnis 2013, sedang mencari full scholarships di NUS.
    Kira2 ada tidak beasiswa untuk jurusan manajemen atau interdisciplinary studies? Dan bagaimana cara untuk apply-nya?

    Terima kasih! :)

  • Atha Fitrah R

    Wah kebetulan sekali, kenalin gw atha sekarang kelas 3 SMA, gw udah sumbit application form buat AY 2014-2015, tapi masih belum jelas buat prosesnya dan maksut dari outcome application trus ada UEE segala hehe ? Bisa minta tolong dijelasin kakak2 mengenai step step kita setelah outcome aplicatioin sampai bulan pengumuman diterimanya ? hehe masalahnya nilai UN sama Toefl nanti mau di submit bulan Juni.an kak

    Thank you

    • Atha Fitrah R

      Oh iya lupa, ada forum discussion gk mahasiswa NUS dari indonesia ? mau nanyak banyak apalagi kalo ada yang lagi kuliah se jurusan yang kita pengen. :)

      • Putra

        Halo Atha, intinya sih: setelah submit application, NUS bakal ngeliat apakah elo lolos untuk ikut UEE. Kalau lolos, mereka akan ngasitau tanggal, subject dll untuk UEEnya.

        Untuk nilai UN pastinya baru ada bulan Juni, emang biasanya nyusul kok, tapi kalo TOEFL setau gw kan bisa ambil dari sekarang kalo yg Internet-based?

        Check out http://www.pinusonline.com. Good luck!

  • emanuela

    mau tanya biasanya biaya kuliah per semester buat fakultas kedokteran brp ya ? trs adakah beasiswa yg ditawarkan buat fakultas kedokteran ? untuk tempat tinggalnya bagaimana ? persyaratannya apa saja ? thanks before

    • Putra

      Hai Emanuela,

      Yong Loo Lin School of Medicine itu cuma nama fakultas kedokterannya NUS.

      Biaya kuliahnya S$46,100 per tahun kalo kamu daftar tuition grant, tapi biasanya setiap tahun naik, jadi cek lagi saat mendaftar.

      Untuk tempat tinggal, bisa dibaca di sini: http://www.nus.edu.sg/ohs/

      Untuk yang lainnya bisa dilihat di artikel atas. Semoga membantu!

      • emanuella

        Tuition grant itu beasiswa pemerintah sg ya ? Tapi saya denger beasiswa untuk kedokteran nggak
        tersedia…

        • Putra

          Hey,
          Tuition grant itu mirip beasiswa tapi nggak juga..lebih kayak subsidi pemerintah. Kalo tuition grant sih bisa berlaku buat sebagian besar mahasiswa.

  • Widya

    Hai kakak” ! kenalin aku widya, skrng aku lagi kuliah semester 3 di Universitas Sriwijaya jurusan kesehatan masyarakat..
    Mau nnya kalau di NUS sendiri ada ga school of public healthnya ? trus kalau bleh tau biaya kuliahnya tau ga brpa buat program masternya ?
    Thanks a lot,

  • Lutfi

    Halo semuanya,
    Mau nanya, saya alumni S2 mau lanjut S3 di NUS, utamanya yang terkait dengan property management/asset management. apakah di NUS ada Phd program yg deket2 ke situ? ada info mhs Indonesia yg ambil program itu gak yang bisa saya ajak diskusi, terima kasih

    • Putra

      Property Management & Asset Management itu beda lho, ini maksudnya yang di bidang Real Estate atau Finance? :)

      • Lutfi

        lebih real estatenya krn background nya S1 saya teknik sipil, terima kasih

        • Putra

          Sayangnya di Dept of Real Estate, gak ada PhD program, cuma ada:
          - MSc (Real Estate)
          - Master of Urban Planning
          - MBA (Real Estate)

  • haris

    kak, IELTS sy overallnya 6.5, pas bgt sama batas minimalnya, peluang keterimanya gmn ya? adakah yg diterima dgn nilai 6.5?

    • Putra

      Sepanjang pengetahuan gw, selama bagian-bagian lo yang lain cukup kuat sih (nilai rapor, nilai tes, leadership experience) elo masih diconsider untuk diterima. Coba aja :)

  • Mita

    Kak dari indo ada yang masuk s1 arsitektur nus nggak?

    • Putra

      Ada pertanyaan apa? Mungkin bisa dibantu jawab.

  • Angga

    permisi, mau nanya kak nus ngirim email ke yg lolos seleksi berkas aja nggak ya? Apa yg nggak lolos juga? Udah daftar nih kak tp belom ada kabar padahal tes masuknya bentar lagi..

    • Putra

      Udah cek folder Spam? Karena dulu pernah kejadian pas gw daftar ke NUS…

  • tio

    misi agan2 dan sita2 … saya masi newbie, mau tanya kak NUS gimana si sistem pengajarannya di NUS? bahasa yang digunakan untuk pengajarannya? terus apakah ada jurusan S2 untuk teknik informatika ya kak?? makasi banyak agan2 dan sita2

  • yuda

    sy alumni sma dan udah ngasih nilai UAN dan IELTS, tetapi tidak diberitahu untuk tes UEE, apakah saya tidak terpilih untuk ikut tes atau memang tidak perlu ikut tes?

    • Arvel

      Kalau sudah kasih nilai UAN, tidak perlu ikut UEE.

    • Vigilante

      Alumni SMA yang sudah memiliki ijazah (actual results) dan bukti English Profeciency Test (dalam bentuk TOEFL atau IELTS) tidak perlu mengikuti UEE. Saya juga lulusan SMA pas saya daftar (menggunakan actual results) saya baru dikirim offer melalui email di pertengahan Maret.

  • calysta

    kak, mau tanya, apa ada minimum score untuk pass uee? apa kakak2 punya tips spy bisa pass? thank you

    • Arvel

      Nilai UEE tidak pernah dirilis. Jadi tidak ada yang mengetahui cut-off point UEE.

  • Nicco

    Halo kakak admin, saya mahasiswa Diploma 3 di Politeknik Negeri Batam angkatan 2011…sesuai target, Oktober 2014 saya wisuda. Nah yg mau saya tanyakan itu ada tidak alih jenjang dari D3 ke S1 di NUS. Klo ada caranya gimana ? & ada beasiswa tidak untuk D3 ke S1 ? Soalnya tidak mau membebani orang tua saya lagi.
    Mohon bantuannya ya kakak admin, thanks.

  • Budi

    apa saja syarta syarat masuk kedokteran NUS?

  • Nikita

    kak, saya mau nanya. Kalo mau tau info tentang tes masuk NUS itu dimana ya? Terima kasih.

  • arif

    Selamat sore..rekan2 mahasiswa Indonesia di NUS..beruntung sekali saya menemukan site ini…saya arif mulizar, dari unpad..saya baru lulus S1 jurnalistik fakultas ilmu komunikasi unpad..rencana mau ambil s2 ke NUS..yang ingin saya tanyakan adalah:

    1. Kapan pendaftaran NUS dibuka yang bisa saya ikuti?
    2. Persyaratan apa saja yang harus saya lengkapi?
    3. Tahapan apa saja yang harus saya lewati untuk dapat kuliah S2 di NUS?
    4. TERKAIT TOEFL , itu paper base atau IBT ya..

    terimakasih atas jawabannya, mohon maaf jika saya banyak bertanya, karena ini mewakili 4 orang rekan saya yang juga bertanya masalah ini..

    • Putra

      Halo Arif,
      Congratulations!

      1. Untuk intake tahun ini sayangnya udah tutup. Untuk intake 2015/2016, biasanya aplikasi mulai buka pada bulan Agustus.
      2. Persyaratannya tergantung mau ambil fakultas apa. Di artikel di atas ada link untuk melihat daftar semua fakultas NUS.
      3. Ini juga tergantung fakultasnya.
      4. Paper base dan IBT dua-duanya diterima.

      Semoga membantu! Don’t hesitate to ask if you have more questions.

  • Tantri Tan

    pagi…
    saya mau tanya. untuk sarjana S1 farmasi, setelah lulus harus melanjutkan profesi apoteker. apa di sana ada bagian untuk mahasiswa yg ingin melanjutkan profesi?
    Makasih

    • Putra

      Halo,
      Sori klarifikasi aja, melanjutkan profesi itu maksudnya kerja full-time atau internship atau apa yah?

  • Anonymous G

    Halo kak admin.
    Saya sekarang kelas 2 SMA, kebetulan di sekolah pake CIE curriculum.
    Tapi, kayaknya nggak sampe ke A Level kak, mentok sampe ke AS Level program Business Studies.
    -Sertifikat IGCSE/AS Level berguna gak ya kak buat admission ke NUS?
    -Kan ane masih kelas 2 nih, kira-kira tahun depan dibukanya kapan ya program beasiswa maupun reguler nya, takut kelewatan hehehe.
    Makasih sebelumnya kak!

    • Putra

      Sepanjang pengetahuan saya kayaknya harus A Level deh.

      Coba dicek disini: http://www.nus.edu.sg/oam/apply/international/admissionreq/alevel.html

      Kalo untuk tahun depan, biasanya bulan Agustus buka pendaftarannya. Kemaren ini tutupnya bulan Desember.

      Good luck!

    • Vigilante

      Application ke NUS tergantung kualifikasi, kalau CIE (A Levels) biasanya akhir Febuari udah harus selesai furnish semua detail. IGCSE dan AS Level berguna sebagai bahan pertimbangan, namun harus disertai kualifikasi yang diakui sebagai means of admission (jika CIE, maka diperlukan A Levels). Saya sendiri daftar ke NUS melalui kualifikasi UAN, namun saya juga memiliki A Levels dan O Levels. Dalam kasus ini yang menjadi pertimbangan utama penerimaan tentunya nilai UAN, namun A Levels dan O Levels juga ikut serta untuk dipertimbangkan.

  • rena

    Halo kak!

    Saya udah tes UEE kemarin. Kalau pengalaman kakak di sini kemarin dapat pengumuman pas bulan apa ya? Thank you.

  • Wahyu FirmAnda

    Selamat siang kak admin, mau nanya nih ada gag program magister buat jurusan administrasi negara?
    Kemudian kalau ada, biaya kuliahnya berapa kak admin ?

  • Kelly

    halo, nama saya Kelly.
    saya ingin tau apa saja syarat untuk masuk di NUS. dan apa saja yang perlu saya siapkan
    terus kalo mau daftar online di NUS bisa gak?

    • Putra

      Halo Kelly, syaratnya bisa dilihat di artikel di atas. Udah tau kira-kira mau masuk fakultas apa? Daftar online juga bisa kok.

  • Hendris Wongso

    Apakah ada program master (S2) di jurusan Food Science and Technology Programme NUS? Terima kasih

  • julien

    Sya mw tanya, ada gk ya s2 keperawatan di NUS?, terimakasih.

  • Dee

    untuk kuliah S2 di fakultas teknik NUS, kisaran biayanya brp ya?

  • Mutiara

    Saya ingin beasiswa S1 di NUS, saya sudah eksplorasi website resminya tetapi tidak menemukan cara untuk apply beasiswanya. Mohon bantuan kakak-kakak, sukses untuk kita semua, amiin. Terima kasih.

  • aya

    Kakak2 saya mau tanya, skrg saya msh kls 3 sma, kmrn ketinggalan info soal jalur tes UEE, jd tdk sempat ikut. kira2 lewat mana lg ya kak klo saya mau masuk nus? Trus kpn mulai pendaftarannya? Makasih.

    • Putra

      Halo Aya,
      Rencananya kuliah tahun ini? Kalo masuknya tahun depan sih, pendaftarannya masih buka akhir tahun ini (kalo gak salah bulan Agustus).

      • aya

        iya rencananya mau masuk tahun ini

        • Putra

          Kalo gitu kayaknya udah telat deh… Baru buka lagi kira-kira Oktober untuk masuk tahun depan.

  • Maya Mahrita

    Ka, untuk lulusan SMK tpi ingin masuk jurusan matematika atau psikologi ada? Apakah harus menyertakan TOEFL?

    • Putra

      Halo Maya, sorry nih gw kurang ngerti SMK tapi elo ikut UAN gak? Kalo TOEFL sih wajib..

  • sandy febrian

    saya ingin kuliah S2 dan mengambil beasiswa.. bgaimana langkah awal yang harus saya ambil? keterangan diatas adalah untuk S1

    • Putra

      Halo Sandy, udah ada gambaran mau kuliah S2 di bidang apa?

  • Alvin

    Hi admin, saya lulus tahun depan dan jurusan saya IPS, apakah untuk daftar NUS harus lulusan IPA? Saya tertarik sekali dengan Faculty of Media and Communication .

    • Putra

      Halo Alvin, seharusnya ngga kok, apalagi kalo Media & Comms kan bukan jurusan science/engineering. Daftar aja :) Good luck!

  • adel

    maaf, saya sangat awam. adakah program beasiswa di NUS untuk anak selepas SMA. kalau ya, apa saja yang perlu dipersiapkan? terima kasih

  • Christina Yuli Andriani

    halooo kakak admin, ini ibu rumah tangga yg mau tanya…kebetulan anak saya sudah sekolah di Singapore (scholarship) sekarang sudah di JC2, tahun ini akan ujian A Level, apa saja yang perlu dipersiapkan untuk lanjut ke NUS, kapan pendaftarannya dan gimana caranya untuk bisa mengajukan program scholarship lagi?

  • Nyoman Prabu

    Saya lulusan S2 Hukum. Berminta lanjut S3 Hukum di Law Fakulty NUS Program S3 / Phd, bagaimana caranya saya mendaftar? apa syaratnya? mohon petunjuk kakak senior….

  • fitro utama

    kak , saya msih kelas 1 smk , kira-kira persyaratannya apa aja ? agar saya bisa mempersiapkannya.

  • awendra

    hallo, nama saya Wendra saya S1, ekonomi manajemen, mau lanjut S2 di NUS, bisa nggak, saya mau ambil Msc, trus bisa kuliahnya di sabtu dan minggu tak, karena saya lagi bekerja di Batam, mkasih ya admin atas jawabanya,

    • Putra

      Halo Wendra, sepanjang pengetahuan saya sih kuliahnya malem dan/atau weekend – saya kurang tau persisnya kalo weekend aja. Boleh tanya kira-kira mau ambil MSc di bidang apa?

  • Bethea

    Nama saya Bethea . Saya kelas XI tapi mengikuti program akselerasi . Apa
    itu menjadi masalah untuk mendaftar beasiswa ? Saya mau bertanya apa
    saja yang diperlukan untuk mendaftar ? Apa perlu hasil tes TOEFL ? Apa
    juga perlu ijazah A level dan O Level ? untuk tes seleksi beasiswanya
    itu tesnya apa saja ? apakah hanya sesuai jurusan yang diambil atau
    ditentukan oleh pihak universitas ? Terimakasih banyak sebelumnya. Maaf
    merepotkan :)

    • Putra

      Halo Bethea, program akselerasi seharusnya gak jadi masalah. Untuk hal2 yang diperlukan untuk mendaftar, bisa dilihat di artikel di atas (“Cara Mendaftar”). Seleksi beasiswa tergantung beasiswanya sendiri tapi biasanya wawancara dan bukan tes lagi.

  • Amir

    Hallo, Admin! sy mau nanya, jalur masuk ke NUS ada berapa sih? Apa aja? Trus apa aja persyaratannya, mohon infonya :)

    • Putra

      Halo Amir, jalurnya sebenernya 1 aja sih, ga kayak di indo yang ada PMDK dll :) Persyaratan bisa dibaca di artikel di atas.

  • yunita grace kadang

    Selamat malam kak’ Admin
    aQ Grace mau nanya nii kak’ aQ mahasiswa Stikes Nusantara
    jurusan S1_keperawatan Semester 4…apakah saya bisa mengikuti tes beasiswa tersebut ???????

    • Putra

      Halo Grace, sorry tes beasiswa yang mana ya maksudnya? Kamu harus daftar di NUSnya dulu baru bisa diconsider beasiswa.

  • Rangga

    Halo kak! Saya partisipan UEE tahun ini. Mau tanya pengalaman kakak dapat pengumuman bulan apa? Menurut website kan May-July cuma kalo googling banyak yang udah dari March April. NTU udah keluar pengumumannya soalnya. Thanks!

    • Putra

      Halo Rangga, mungkin kamu bakal dikasih tau pas gelombang dua nanti (around May-July itu). All the best!

      • I am me

        Ooh, mmang ada gelombang 2 ya?

        • Putra

          Ada kok.. Mungkin untuk mahasiswa internasional agak lebih lama prosesnya dibanding mahasiswa lokal.

  • Hafizh AlMamoun

    tanya akh,
    Kualifikasi supaya bisa lolos registrasi apa saja ya? I mean mereka menentukan mana yang masuk dan mana yang enggak tu apa aja pertimabangannya(kalau bisa spesifik)? terutama buat pendaftar yang udah punya ijazah

    • Putra

      Maksudnya buat lolos ke UEE yah? Sepanjang pengetahuan kami sih pengalamanmu secara keseluruhan dilihat, mulai dari nilai akademis sampai kegiatan di luar sekolah. Kamu udah punya ijazah apa?

  • yunita ulinnuha

    Halo admin :) saya yunita lulusan administrasi bisnis dari univ. brawijaya. Saya ingin melanjutkan s2 di Nus untuk faculty of art and social science untuk program ekonomi dg jalur research. Untuk persyaratan toeflnya, apakah boleh menggunakan toefl iTP dan untuk master apakah tetap ada UEE juga? Trima kasih

    • Putra

      Halo Yunita, untuk TOEFLnya sayangnya gak bisa pake TOEFL iTP. Untuk master’s tidak ada UEE. Good luck!

  • hani

    apakah di nus juga ada jurusan sastra budaya? dan bagaimana langkah2 untuk mendapatkan beasiswa S2 fully funded di sana? terimakasih :)

    • Putra

      Halo Hani, mungkin kamu bisa lihat Faculty of Arts and Social Sciences: http://www.fas.nus.edu.sg/ell/

      Kalo pendaftaran beasiswa, biasanya bareng sama pendaftaran programnya. :)

  • firman

    nilai minimal raportnya berapa kak ?

    • Putra

      Halo Firman, gak ada nilai minimalnya kok, tapi makin bagus lebih baik pastinya.

  • arista

    halo admin..
    saya kelas 11 SMA yang ingin kuliah di NUS. persyaratan dan persiapan yang dibutuhkan apa saja ya? dan bagaimana cara mendaftar serta mengikuti tes di Indonesia?
    terimakasih banyaak

    • Putra

      Halo Arista, coba deh baca di artikel di atas di bawah tab Cara Mendaftar. Semua yang kamu ingin tahu ada di situ.

  • Amy Latifah

    alih jenjang dari d3 ke s1 apa bisa ya untuk 2015 atau 2016, mohon infonya dan persyaratannya? :)

    • Putra

      Secara teori bisa tapi sebenernya susah banget, jadi kemungkinan besar kamu harus ulang dari awal. :)

  • imelda

    haloo admin..
    saya lulusan s1 keperawatan.adakah program master keperawatan di nus?apa persyaratannya?

  • violita

    pendaftaran untuk tahun 2014, dibuka tanggal berapa ? :)

    • Putra

      Maksudnya untuk tahun depan? Soalnya kalo kamu mau masuk tahun ini sih pendaftarannya udah tutup dari Desember tahun lalu. Untuk masuk tahun depan, kemungkinan buka sekitar Agustus/September dan tutup Desember.

  • Icel

    kak, yang dites apa aja sih? toefl minimal berapa?

    • Putra

      Halo Icel, tergantung mau ambil jurusan apa. Untuk TOEFL, skor minimal 580 untuk Paper-Based Test, 237 untuk Computer-Based Test dan 92-93 untuk Internet-Based Test (iBT).

  • firman

    Halo kak, trus kalau buat masuk kedokteran disana, mata pelajaran testnya apa aja ya kak? Dan apa kita harus menyertakan nilai IELTS/Toefl juga? Makasih kak sebelumnya

  • Park Hady

    Hallo

    Saya sekerang kelas 2 SMK , saya berminat kuliah di NUS , kira2 sampe S1 butuh biaya berapa?

    Terimakasih,

    • Putra

      Halo, tergantung jurusannya. Di artikel di atas sebenernya ada bagian Biaya Kuliah, bisa dibaca di sana.

  • I am me

    Hai kakak2 dan tman2 yg mgkn udah berpengalaman dg univ NUS,

    Saya pengen tanya nih,
    Saya kan sudah daftar ke NUS periode 2014/2015 dengan nilai UN dan IELTS (sayangnya saya gak punya prestasi tingkat nasional seperti olimpiade). Selanjutnya, saya hanya bisa menunggu nasib karena tidak ada apa2 yang perlu dilakukan lagi.
    Yang ingin saya tanyakan, berapa ya kira2 kemungkinan hasil UN yang memungkinkan untuk diterima di NUS (tidak ada UEE, hanya dg nilai UN dan prestasi lain)?
    Atau, mungkin kakak2 yang sudah diterima lewat jalur UN kalau boleh share donk nilai2 UN nya, IELTS, prestasi minimal tingkat nasional, dan jurusannya…

    Yang agak pesimis, menurut tahun lalu, yang lulus masuk Nus sudah diemail pada bulan Maret, sedangkan yang tidak lulus tidak dikabari sampai bulan tertentu (tidak tahu kapan, kalau menurut website-nya bulan Mei atau Juni). Saya masih belum di-email, jadi harus siap-siap.
    Rencananya kalau tidak diterima (semoga tidak terjadi) saya mau submit appeal. Menurut website, submit appeal bisa dilakukan jika punya prestasi akademis atau non-akademis yang belum disampaikan ketika pendaftaran. Kira-kira prestasi berupa sertifikat atau pengalaman organisasi dan kepanitiaan bisa menolong atau bagaimana ya? Atau, ada tips lain untuk submit appeal?

    Maaf, long post.

    Saya sgt menghargai responnya,
    terima kasih banyak

  • azhen

    Hi admin,
    saya lulusan S1 teknik sipil universitas swasta di indonesia, bisa dishare bagaimana cara mendapatkan beasiswa S2 civil engineering NUS? dan syarat utamanya apa saja? thanks in advance.

    • Putra

      Hi, bisa dilihat di sini: http://www.eng.nus.edu.sg/cee/programmes/MSc_ce.html (program Master of Science in Civil Engineering).

      Syarat utamanya adalah gelar sarjana dengan 2nd Class Honors (atau ekuivalennya) dan pengalaman kerja yang relevan. Pastinya TOEFL/IELTS juga. Good luck!

      • Azhen

        Nice info, thanks.

  • http://www.awangga.net Rolly Maulana Awangga

    salam kenal. hai hai hai… permisi mau nanya. dan sekalian gabung dan kenalan dengan rekan rekan komunitas sekalian. btw, adakah informasi untuk beasiswa s3 bidang informatika dengan konsentrasi sofware engineering disana?

  • Cika AI

    hallo, saya uda mau selesai diploma arsitektur di malaysia akhir tahun 2014, ada rencana mau lanjut s1 di NUS, apa aja ya yang perlu disiapakan buat apply ke NUS?

  • emy

    halo admin,..
    sy lulusan s1 Teknik informatika mau lanjutin s2 di NUS… Jurusan Teknik Informatika atau sistem informasi.. kira2 gimana yea langkahnya???,.. tolong bantuannya,.. klo mau ngurus beasiswa juga gimana???

  • Rukman

    halo admin…
    sy rncana daftar Research program S2. apkh bsa dpt beasiswa dgn rekomendasi dosen NUS? sy sdh email salah 1 dosennya, dan katanya dia mau terima sy di lab.nya.. Thanks a bunch. piZZ

    • Putra

      Halo Rukman, bisa aja seharusnya, tapi mendingan tanya aja sama dosennya karena mungkin agak berbeda dibanding jalur biasa. Good luck!

  • Pingback: Lulusan Sekolah Manakah yang Paling Siap Kerja? | SekolahSG

  • atika

    Haloo, saya ada rencana mau ambil program master di NUS. Kira2 persiapan yg harus saya siapin apa aja ya? Terus jadwal pendaftaran masuk NUS bulan berapa ya? Terimakasih, mohon jawabannya ya

    • Putra

      Halo Atika, biasanya pendaftaran buka sekitar Agustus/September…tapi semuanya tergantung program master yang mau kamu ambil. Udah ada gambaran?

  • lani

    hallo admin…
    bagaimana cara mendapatkan beasiswa S2 matematika NUS? dan syarat utamanya apa saja?dan kapan pembukaan pendaftaran tahun ini / tahun depan? terimakasih

  • Park Hady

    Mau tanya lagi :D

    Kalau beasiswa itu cuma potongan 30-50 % harga atau 100% gratiss?
    trus cara dapetinnya gimana?
    Jawab please ,

    • Putra

      Halo, tergantung beasiswanya sih, tapi biasanya kalo di sini bilang “scholarship” sih 100%.

  • Cynthia Wahyuni

    Hallo,kak
    Kak saya mau tanya kira-kira pengumuman final kalau kita daftar di NUS itu kapan ya ? (Bulan apa). Thanks in advance kak :D

    • Putra

      Setau kami kira-kira May-July. Good luck!

  • JfX.

    Halo kak.
    Saya mau tanya, kalo untuk S1 Farmasi nama jurusannya apa yah?

  • saifi

    Selamat sore Admin. Nama saya saifi, saya S1 program studi bahasa dan sastra. Saya mau mengambil S2 manajemen di NUS. Apakah bisa dengan berbeda keilmuan di S1 dan S2 ambil manajemen? Terimkasih banyak Kakak

  • hanum

    kak saya mau tanya, kalau saya mau daftar di nus dan beasiswa untuk jurusan management gimana caranya kak ? terimakasih

  • meriska

    hallo kak.
    Aku meriska.
    mau tanya pendaftaran online NUS sudah ditutup yah?

    • Putra

      Halo, untuk masuk tahun 2014, udah tutup dari Desember kemarin..

  • meriska

    hai..
    pendaftaran NUS sudah ditutup?

  • Miaa

    Kak, saya baru lulus tahun ini, kalo daftar ataupun tesnya mesti bisa bahasa inggris dong yaa, yaampun ;(

  • arie

    hai admin,saya mahasiswa ui,saya ingin kuliah kedokteran nus s1 ada jalur test tulisnya ngga saya lebih memilih jalur test tulis klo ada?dan apa ada beasiswa full tidak bayar dan bagaimana saya mendapatkannya,thx b4……..

    • Putra

      Halo, biasanya jalur tes tertulis cuma untuk kandidat yang belum mendapat hasil UAN saat deadline pendaftaran. Kalo udah ada hasil UAN, biasanya gak harus ikut tes tertulis.

      Untuk beasiswa bisa dibaca di artikel di atas.

      • aan

        Kak kalo nilai minimum toefl atau ielts nya brp yaa?

    • aan

      Kak kalo nilai minimum ielts sama toeflnya brp ya?

  • Pingback: Tur Kampus: National University of Singapore - NUS [PHOTOS] | SekolahSG

  • Viki Mazaya

    hey admin…
    saya mau tanya, nilai min. test yg harus dicapai supaya masuk nus itu berapa ya? terus syarat untuk dapet beasiswa gimana? terima kasih :)

  • Viki Mazaya

    halo admin…
    saya mau tanya, untuk kuliah di nus apa saja yg harus di persiapkan? trus untuk dapet beasiswa syaratnya gimana sih? terima kasih :)

    • Putra

      Halo Viki, sebenernya semua informasinya ada di artikel di atas, coba deh dibaca. Kalo ada yang gak jelas, tinggal tanya aja di sini. Untuk nilai test, gak ada nilai minimum, NUS akan melihat aplikasimu secara keseluruhan.

      • aan

        Kak, kalo minimu toefl atau ielts nya berapa ya?

  • iqbal

    helo admin, I have some question for you.
    bagaimana cara kita bisa menjadi mahasiswa di NUS, dan bagaimana registrasinya, soalnya saya sangat berminat untuk menjadi mahasiswa di sana, dan bagaimana langkah untuk meraiih beasiswa

    • Putra

      Halo Iqbal, sebenernya semua langkahnya ada di artikel di atas, coba deh dibaca. Kalo ada yang gak jelas, tinggal tanya aja di sini.

  • Ela

    Halo min, kalo beasiswa untuk lulusan d3 di NUS/NTU ada ngga ya?

    • Putra

      Gak ada, adanya beasiswa biasa yang dibuka untuk semua orang.

  • Amelia

    hallo admin, maaf ya kalau tidak begitu lancar berbahasa inggris gimana ya? apakah itu wajib?

    • Putra

      Wajib karena bahasa pengantarnya semua Bahasa Inggris… Dan untuk diterima harus lewat skor TOEFL/IELTS minimum.

  • Angel Valentine Tirayo

    admin, saya lulusan 2014, ingin mendaftar di NUS tahun depan. Berarti yang saya butuhkan hanya nilai UN dan IELTS ya? tidak perlu mengikuti UEE lagi? dan sekiranya jika ada penjelasan lebih lengkap tentang double degree di NUS mohon di share ya :)

    • Putra

      Halo, yep UEE cuma untuk calon mahasiswa yang nilai UNnya belum keluar. Tertarik ambil double degree apa nih?

  • Ivan

    Halo admin, saya lagi tahun terakhir di jenjang S1.
    Kalau saya mau masuk S2 di NUS dengan jalur beasiswa caranya bagaimana ya?
    Terus syarat-syaratnya apa saja?

    • Putra

      Halo, tergantung mau masuk jurusan apa, tapi seringkali untuk masuk S2 perlu pengalaman kerja. Beasiswanya juga tergantung jurusan.

      • Ivan

        Saya mahasiswa fakultas bisnis dan management, tertarik bua mendalami di bidang management atau bisnis dan keuangan. Btw thanks buat responsnya yg cepat!

  • abdul latief mustofa

    mau nanya info kuliah di singapura, tapi masih belum mengerti. ada yg bisa di hubungi? tentang mahasiwa indonesi yg kuliah di singapura. saya dari riau. terima kasih

    • Putra

      ada pertanyaan spesifik?

  • Yuzi Filzi Yumetri

    hallo admin. Enak yaa, udah jadi mahasiswa NUS. NUS itu, kuliah impian saya banget. Oh iya, menurut admin, saya SMA dan ingin daftar ke NUS. apa aja nih yang harus dipersiapkan? Kalo mau dapet scholarship, caranya terperinci gimana yaa? Nah, menurut admin juga, apa rahasianya, admin bisa lulus tes masuk NUS? tolong bales yaa admin. Sukses terus, membanggakan Indonesia

  • Yuzi Filzi Yumetri

    ooh iyaa min, mau nanya lagi nih. Kalo yang jurusan IPS, berpengaruh gak sama soal?? terus, kalo yang SMA nya jurusan IPS, gimana yaa min tes nya?? apa harus ngerjain soal IPA atau gimana? aku rencananya mau ambil Psychology min. Nah itu, kira-kira tesnya apa aja yaa min? Makasih miin

  • Park Hady

    hallo admin :)

    saya mau tanya , saya pan taun depan lulus nih ya , saya pengen banget kuliah di NUS , tapi saya kaga ikut exstrakulikuler apapun , gimana ini? masih bisa kah kuliah di NUS?

    Jawab please

    • Putra

      Bisa tapi kalo ikut ekskul jadi nilai plus aja. Selama nilai akademis oke masih ada peluang.

  • Almasita Listio

    min, tanggal pasti pendaftaran beasiswa dibuka kapan ya? trs harus mengirimkan file apa aja? untuk mendaftar apakah dikenakan biaya pendaftaran ya min? mohon bantuannya min

  • nadyac

    Halo, saya Nadya. sekarang aku kelas 11. Aku ikut program A – level. Nah, kalo pendaftaran pake A level untuk masuk NUS itu gimana ya kak? ikut tes lagi nggak ya?

  • Raisa

    Halo admin, saya lulusan S1 kedokteran gigi, kalau mau ambil spesialis di NUS bagaimana cara pendaftarannya ya ? dan awal semester pendaftaran dimulai di bulan apa ya ? terimakasih..

  • Leni

    halo admin, saya sudah lulus s1 dan ingin melanjutkan s2 d NUS. apakah untuk masuk s2 di NUS ada ujian tertulis? apa saja tes untuk masuk s2 di NUS. terima kasih

  • Daisy

    Hallo, saya bu Daisy. Anak saya ingin kuliah di NUS jurusan Food Science and Technology. Boleh saya minta email address nya Arvelia? Saya ingin tanya2 tentang pengalamannya di Food Science NUS. Terima kasih.

  • Daisy Anggraini

    Hallo,
    Saya ingin minta alamat email Arvelia untuk tanya informasi tentang program Food Science dan Technology di NUS. Terima kasih.

  • Kirana

    hi admin, saya naik kelas 12 sma. rencananya saya mau lanjutin ke nus bba program. untuk nilai rapotnya itu ada spesifikasi minimum nilainya gak? terima kasih.

  • Valerie

    admin, klo ngambil beasiswa DR goh keng Swee cuma dites SAT ?

  • sabri

    Assalamualaikum Amin,, sya lulusan SPI mau ambil jurusan bhasa inggris untuk S2 boleh gk ya di NUS? gmna cara daftarnya mahal gk bayarannya? boleh gk smbil kerja? please di jwab ya Min

  • sabri

    sorry mksud sya lulusan SPDI

  • asdin

    hy admin,sya lulusan thun 2013,stlh stu thun nganggur sya mau daftar thun ini di NUS,skrg lgi msa pendftaran PTN dn sedang mnunggu pengumuman.apa bisa sya dftar NUS atau hrus kuliah di PTN dlu bru bisa dftar NUS(ilmu politik)???

  • Syamsuddin Syam

    halo admin..
    mau info s3 di nus fakultas teknik, biomedical engeneering

  • Aufa

    halo admin, ini saya sudah sekarang lulus UAN dan sedang cari2 univ di luar indonesia. untuk masuk ke NUS ada jalur apa saja? jika tes tulis bagaimana cara daftarnya?

  • Perkasa Triputra Hadi

    halo min , saya mahasiswa UI saya mengambil Criminology, tetapi saya sudah resign di ui . saya lulusan sma 2010 , apakah masih bisa untuk mendaftar tahun ini ya min ? apakah NUS menerima transkrip nilai waktu saya menjadi mahasiswa di UI atau memakai nilai UAN sma saya terima kasih , saya tertarik mengambil psychology s1 di NUS terima kasih

  • Fakhri Rafiki

    Selamat siang, kak, saya sekarang sudah kuliah mau masuk semester 3, apakah saya masih bisa mengulang untuk bisa masuk kuliah di NUS?? saya lahir tanggal 27 januari 1995.
    apa saja syarat2 yang harus saya persiapkan untuk ini??
    terus, kalau saya mau kuliah S2 di NUS, apakah harus punya pengalaman kerja dulu?
    terima kasih kak.

  • Nandang

    Halo min . .
    saya mau nanya, apakah ada beasiswa di NUS untuk S2 TI, , saya adalah mahasiswa Teknik Informatika . . saya sedang mencari beasiswa S2 , mohon pencerahannya min ^_^
    Terimaksih . .

  • Siti Hartina

    Mau tanya min, untuk beasiswa tahun 2015 mulai kapan pendaftarannya di buka ?
    Dan persyaratannya apa saja ?
    Saya ini lulusan tahun ini mau ikut tahun depan
    Terimakasih :-)

  • fifie

    mau tanya, untuk pendaftaran tahun 2014 dan 2014, tanggal pendaftarannya mulai kapan min?

  • Giovani Anggasta

    hai kak. nama aku giovani. aku sekolah di jambi. tentunya bukan di sekolah internasional. sekarang aku baru kls 10. aku ngambil jurusan ipa karena aku berencana buat ngambil jurusan kedokteran di nus. menurut kakak, apa yang harus aku siapin dari sekarang supaya aku bisa diterima nanti yah kak? kalo bisa sekalian saran supaya aku bisa dapet beasiswa. tks kak.☺

  • Elva Simarmata

    Hai kak.Sekarang aku kelas 3 SMA, mau masuk NUS untuk tahun depan.Pendaftarannya kapan ya kak? udah dibuka atau belum? Terus saya mau ngambil jurusan Medicine, syaratnya apa saja ya kak ? Thanks before

comments powered by Disqus