Yuk, Kuliah di NTU – Nanyang Technological University

kuliahdiNTU

The Essentials

Mau tahu seperti apa sih kuliah di Nanyang Technological University? Semua tentang NTU ada di sini loh. Kalau mau tanya, komentar aja di bawah. Teman-teman kami di NTU akan menjawabnya.


Kuliah di NTU

Mengapa NTU?

NTU adalah salah satu universitas terbaik, bukan cuma di Asia, namun juga di dunia. Pada tahun 2014, NTU memperoleh ranking no. 61 di dunia menurut Times Higher Education Rankings, dan no. 39 di dunia oleh QS World University Rankings. Oleh QS World University Rankings juga, NTU memperoleh ranking no. 4 di Asia. Selain itu, NTU juga menawarkan banyak jurusan di berbagai subyek yang berbeda, mulai dari akuntansi dan bisnis hingga berbagai jurusan teknik dan kedokteran, sampai seni dan desain. Dari ketiga universitas di Singapura, hanya NTU yang juga menawarkan program seni dan desain. Seperti kedua universitas lainnya, NTU juga menawarkan berbagai program untuk terus mengembangkan mahasiswanya. Mulai dari kegiatan amal, kesempatan magang, serta program pertukaran pelajar di mancanegara, semua ditawarkan oleh NTU.

Singkat kata, tontonlah video di bawah ini untuk mengetahui tiga hal terbaik tentang NTU:

Program apa saja yang tersedia?

NTU menawarkan berbagai macam program yang bisa dibagi ke dalam 11 buah kategori:

Di samping program reguler, NTU juga menawarkan program-program di bawah ini:

Biaya Kuliah & Beasiswa

Biaya program

Untuk mahasiswa internasional, biaya kuliah berkisar mulai dari S$15.900 (untuk sebagian besar program) sampai S$65.400 (untuk jurusan kedokteran) per tahun, setelah tuition grant. Apabila kamu tidak mendaftar tuition grant, biaya kuliah bisa mencapai S$29.110. Apabila kamu mendaftar tuition grant, artinya kamu harus bekerja di Singapura atau perusahaan yang terdaftar di Singapura selama tiga tahun.

(Catatan: jumlah di atas berdasarkan biaya kuliah tahun ajaran 2015-2016. Periksalah website resmi NTU untuk melihat biaya kuliah terbaru.)

Untuk rincian selanjutnya, baca aja di halaman biaya kuliah NTU.

Beasiswa di NTU

NTU menawarkan berbagai macam beasiswa, antara lain ASEAN Scholarship dan SembCorp Scholarship. Untuk tahu lebih lanjut tentang beasiswa yang ditawarkan untuk mahasiswa internasional, silahkan klik di sini.

Mendaftarkan diri di NTU

Bagaimana cara mendaftar?

Pendaftaran mahasiswa baru dilakukan melalui website resmi NTU. Untuk pemegang UAN SMA, pendaftaran dimulai awal Oktober dan buka hingga pertengahan Desember. Untuk kualifikasi lainnya, silahkan dilihat di sini. Selain memuaskan persyaratan minimum untuk diterima oleh NTU, kamu juga harus memuaskan persyaratan minimum untuk jurusan yang kamu pilih, yang bisa kamu lihat di sini. Setelah itu, kamu mungkin akan diminta untuk mengikuti Entrance Examination. (Apabila kamu memegang kualifikasi tertentu, kamu tidak diwajibkan ikut Entrance Examination. Untuk lengkapnya, silahkan diperiksa di sini.)

Selain itu, tentunya kamu juga harus mengisi formulir pendaftaran sebelum deadline, membayar biaya pendaftaran (S$30 melalui bank draft atau S$20 melalui internet), dan mengirim dokumen-dokumen yang diminta (termasuk fotokopi paspor, hasil UAN, dan rapor). Dokumen bisa kamu kirim melalui internet (disarankan oleh pihak NTU sendiri) atau pos. Jangan khawatir, setelah kamu mendaftar, kamu akan mendapatkan checklist yang bisa kamu gunakan agar tidak ada dokumen yang terlupakan.

Setelah itu, jangan lupa cek emailmu setiap hari, atau cek status aplikasimu di website resmi NTU.

Komunitas Indonesia di NTU

Pelajar di NTU

Komunitas internasional Meski mayoritas pelajarnya berasal dari Singapura, NTU tetap mempunyai komunitas pelajar yang cukup internasional: ada sekitar 8.000 mahasiswa internasional di NTU. Tiap tahun NTU juga menerima banyak pelajar dari Amerika, Eropa dan Korea untuk program pertukaran pelajar mereka.

Pelajar Indonesia di NTU

Komunitas Indonesia yang erat Pelajar-pelajar Indonesia di NTU datang langsung dari SMA-SMA di Indonesia, atau telah lama tinggal di Singapura sebagai pelajar di secondary school dan Junior College di Singapura. Selain itu, ada juga beberapa mahasiswa dari universitas di Indonesia yang datang melalui program pertukaran pelajar selama satu semester.

Apakah ada komunitas pelajar Indonesia di NTU?

Pelajar Indonesia NTU (PINTU) Karena banyaknya pelajar Indonesia di NTU, mereka bergabung dalam satu perhimpunan pelajar, yakni Pelajar Indonesia NTU (PINTU). PINTU terafiliasi dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia di Singapura (PPIS).

Kegiatan PINTU

Indonesian Cultural Night Salah satu acara terbesar PINTU adalah Indonesian Cultural Night (ICN), sebuah penampilan musikal yang bertujuan untuk memamerkan kebudayaan Indonesia kepada warga Singapura dan sesama pelajar Indonesia di Singapura. Sejak penampilannya di tahun 2014, ICN mencoba mengangkat kembali cerita rakyat yang popular di Indonesia dan menceritakan pesan moralnya kembali dengan menggunakan kreatifitas dari anggota PINTU sendiri. Untuk ICN 2014, PINTU menyelenggarakan ANGKARA, yang menceritakan kembali tentang legenda Ken Arok, pendiri kerajaan Singasari.

Selain ICN, PINTU juga menyelenggarakan acara orientasi untuk mahasiswa freshmen, yakni Indofresh dan GTD, serta PINTU Recreational Day. PINTU juga mengkoordinasi klub-klub olahraga dan budaya untuk anggotanya, seperti Futsal, Voli, Tari Saman, dan Tari Kecak.

Contacts

Website: http://pintusingapura.org/

Twitter: @pintusingapura

Facebook page: PINTU (Pelajar Indonesia NTU)


Ada pertanyaan?

Tanya aja, kami akan menjawabnya!

 

NTU_VitaNTU_NixieNTU_Frederikus

About the Author

Theresia Marten

Theresia is a communication student at Nanyang Technological University who used to dream of being a doctor. It was a very weird turn.

  • hilma

    hi namaku hilma, aku mau nanya nih udah bulan dess. apayah alamt resmi tuk apply ke NtU?

  • Ulfah Muthia S

    Halo perkenalkan saya Muthi dari Indonesia. Rencananya tgl 13-16 Januari 2014 saya dan teman-teman saya akan pergi berlibur ke Singapore, rencananya kami ingin pergi ke NTU tapi setelah mecari info-info ternyata cukup sulit untuk pergi ke NTU. Jika kita berpergian kesana apakah ada anggota dari PINTU yang bersedia mengantarkan kami berkeliling NTU? hehehe

    • Putra

      Hi Muthi, gw udah reach out ke NTU, unfortunately tanggal itu PINTU gak bisa kasih guided tour karena udah ada appointment lainnya. :)

  • Destya Liziana

    Hai. Aku mau nanya, aku kan sekarang duduk di kelas XI dan tertarik untuk masuk NTU di jurusan Communication Studies. Bisa ga kasih gambaran Communication Studies di NTU?

    • DKK

      I’m a Comm Studies alumni, and I think it’s the perfect gateway to intelligent snobbery. There are good teachers who are experienced in their respective fields, and you have the freedom to design your own study to cater to your interest. Which means you can take whatever you want, after fulfilling prerequisites for some higher level courses.

  • Endilie Yacob Sucipto

    Hi . Nama saya Endi .. saya kini sudah kls xii dan kebetulan tgl 15 dan 16 februari dipanggil utk mengikuti entrance exam utk pljrn mtk , english dan fisika(lolos seleksi rapor) .. tapi saya masih pesimis dgn persiapan saya , apakah ada tips dri kk kk sekalian ? Misalnya buku rekomendasi atau web rekomendasi dan tips belajar ? Kemudian , apakah betul bahwa pljrn mtk merupakan bgian yg plg pntg utk penilaian lolos atau tidak .. thanks

    • Nixie

      Actually practicing sample questions is enough, tapi lbih bagus kalau kamu cari buku A level, bisa beli atau pinjam buat referensi. Kalau ada kesulitan, bisa search jga topik nya di web :) Untuk mtk banyak2 kerjain soal problem solving dan gmbar grafik.

      Iya, konsiderasi utama mereka adalah math exam, tpi fisika jga penting:) English gk termasuk kriteria penerimaan, kalo tdk lolos akan dites ulang after accepted to NTU 😀

      • endi

        Wah beneran kalo udh bisa sample question udh oke ya , soalnya samplenya ga susah2 banget . Padahal kata org uee nya susah .. trus Kok ane baru tau ya inggris ga msk kriteria penerimaan .. ykin kak ttg hal ini??? Hmmm Kalo saya sih ngerjain soal2 gce a level tahun2 lalu nih .. btw penggambaran grafik yg plg sring keluar yg mana ya ? Kyk penggambaran (x+1)/(x-1) . Disertakan asimtut dll ya ? Tq

        • Nixie

          Should be okay:) soal2nya biasany sejenis..tpi tentunya untuk uee taun ini ak gak bisa jamin jga.. Untuk English I m quite sure.
          Yep..asimtot and stuffs, dan function transformations sih 😀

          • Endilie Yacob Sucipto

            Hi kak . Saya kmrn baru dapt email nih kalo saya diterima di NTU jurusan electrical and electronical engineering . Nah yg skrg saya bingung adalah cara ngurus , bayar , accept offer sama accept uition grantnya . Mohon bimbingannya dong ?

    • Alline

      Kak, aku juga dipangggil buat UEE tanggal 15 Feb u/ pelajaran Math AO sama Eng. Beneran Eng ga termasuk kriteria? Kira-kira contoh soalnya gimana ya? Nulis essay? Biar ada bayangan aja gitu. Thanks! 😀

    • hen sania

      kak, saya skrg kelas XII, untuk pendaftaran NTU tahun ini kira-kira terakhir tgl brp?

  • Sarahdinna

    hi, nama saya sarah. kalau mau ambil program pascasarjana (S2) di NTU itu gimana syarat2nya ya? terus apakah harus ada pengalaman kerjanya dulu kalau mau ambil pascasarjana? atau bisa langsung begitu lulus dari sarjana? tolong infonya ya, terimakasih

    • Putra

      Halo Sarah, semuanya tergantung kamu mau ambil gelar apa. Udah ada gambaran kira-kira mau ambil apa?

      • Sarahdinna

        rencananya saya mau ambil gelar master of engineering di school of chemical and biomolecular engineering. kalau mau ambil gelar itu kira-kira bisa langsung melanjutkan dari sarjana tdk ya? apa dibutuhkan syarat lain?

  • yuda

    hi, sy Yuda, sy baru mengetahui dipanggil untuk entrance exam hari ini dan sudah terlambat krn pembayaran test fee terakhir tgl 16 januari . sebelumnya sy kira untuk alumni sma indonesia yang memberikan nilai UN tidak perlu mengikuti tes UEE. bagaimana sebenarnya? sy sgt bingung

    • endi

      Hi bro .. menurut saya tampaknya saudara kurang banyak melakukan penelitian dan riset ttg NTU .. bila lewat jalur UN jg ttp hrus mengikuti UEE , terkecuali km pernah menang olimpiade internasional ga perlu tes ujian lagi hehehhee .. coba di appeal aja bro , email ke admissionnya

      • Putra

        Yep diappeal aja, kalo cuma urusan administrasi kayak bayar test fee gitu sih seharusnya bisa dibantu. :)

  • Rizka Putri

    hai, nama saya Rizka. saya sekarang berada di kelas XI (angkatan tahun 2015) dan sangat tertarik untuk mendapat beasiswa ke singapore jurusan IT dan kebetulan NTU adalah salah satu universitas incaran saya. apakah kakak-kakak bisa memberi saran apa saja yang harus saya siapkan untuk bisa bersaing mendapatkan beasiswa di NTU? dan apakah beasiswa di NTU ada ikatan dinasnya? Thanks before :)

    • Putra

      Generally speaking, NTU dan sekolah2 lain di Singapura kan banyak anak pinternya, jadi satu hal yang bisa bikin kamu berbeda adalah kegiatan-kegiatan di luar sekolah. Misalnya jadi ketua OSIS, atau aktif jadi sukarelawan, jago main musik/olahraga.

      Untuk ikatan dinas, tergantung beasiswanya, tapi biasanya ada..

      • Rizka Putri

        hooo…. okay makasiih :)

  • emanuela

    hi saya emanuella, saya masih kelas X, tapi pengen banget kuliah di NTU / NUS.. persyaratan masuk NTU buat fakultas kedokteran apa aja ya kak ? Makasih

  • Virginia Janet

    Nama saya janet , saya ingin kuliah jurusan kedokteran di singapura skrg sy kls 2 sma , kira-kira apa saja syarat yang harus saya penuuhi dan persiapan apa yang harus saya siapkan dari sekarang ? Dan apakah ada yang juga mengambil jurusan kedokteran dari indonesia yang sedang berkuliah di sana skrg ? Terimakasih

  • Bismar Nuran

    Hi selamat siang nama saya Bismar Nuran…saya kini sudah lulus kuliah D3 Politeknik Negeri di Jakarta jurusan teknik sipil dengan IPK standar (IPK saya 2.79)….saya mempunyai keinginan yang kuat untuk lanjut kuliah S1di NTU…saya mau tanya kapan pendaftarannya di mulai dan apa saja syaratnya..apa dengan nilai pas-pasan di D3 saya, saya dapat berkesempatan lanjut kuliah di NTU…Mohon jawabannya

  • Gusti Agung Ngurah

    Hi. nama saya Gusti saya sekarang sudah kelas XI saya memiliki keinginan sekolah di singapura dengan jurusan MBA . Kira kira apa yang menjadi kriteria dan persyaratan agar diterima dan apa persiapan yang mesti dilakukan. selain itu apakah nilai akademis disekolah dan jurusan berpengaruh, karena nilai saya tidak terlalu baik dan saat ini saya berada di jurusan ipa. terimakasih

    • Putra

      Halo Gusti, mungkin maksudnya bukan MBA kali (karena itu program S2), tapi masuk fakultas S1 Business?

      Jurusan gak berpengaruh kok, tapi nilai akademis cukup penting untuk diterima tes. Meski begitu, biasanya kalo kamu aktif di sekolah, ikut organisasi dll juga bisa menjadi plus point.

      • Gusti Agung Ngurah

        oh iya maaf fakultas S1 Business yang saya maksud. Kira – kira nilai standarnya berapa agar bisa diterima di fakultas S1 Business ?

  • Maria Agnes

    kak mau tanya.. saya skrg kelas XII.. pengen banget masuk NTU.. apa ada cara masuk NTU lain selain mengikuti UEE? Mohon infonya.. terima kasih

  • Bethea

    Nama saya Bethea . Saya kelas XI tapi mengikuti program akselerasi . Apa itu menjadi masalah untukmendaftar beasiswa ? Saya mau bertanya apa saja yang diperlukan untuk mendaftar ? Apa perlu hasil tes TOEFL ? Apa juga perlu ijazah A level dan O Level ? untuk tes seleksi beasiswanya itu tesnya apa saja ? apakah hanya sesuai jurusan yang diambil atau ditentukan oleh pihak universitas ? Terimakasih banyak sebelumnya. Maaf merepotkan

    • Putra

      Halo Bethea, program akselerasi seharusnya gak jadi masalah. Untuk hal2 yang diperlukan untuk mendaftar, bisa dilihat di artikel di atas (“Cara Mendaftar”). Seleksi beasiswa tergantung beasiswanya sendiri tapi biasanya wawancara dan bukan tes lagi.

      • Bethea

        oke :) terimakasih :))

  • E. M. Anita M.

    Hi Kak! Aku dan 2 temanku tinggal di Surabaya, dan udah ke Shortlisted buat ikut UEE di Jkt 15 Feb 2014. Sayangnya, kita b3 g bisa ikut test karena bencana gunung kelud (airport di tutup) . Setelah mengirim emali dan telp. Langsung ke panitia IntlAdmission NTU kita dikabari kalo kita bakal dapet test susulan tgl 10 Mei 2014 di NTU, Singapore. Nah, tapi kita b3 masih was2 nih, soalnya kok d website resmi NTU ga dicantumin soal test susulab itu? Apalagi pengumuman hasi UEE yg 15 Feb sekitar april-mei, sedangkan kita baru test 10 mei ini. Bahkan ada teman yg blg kalau test 10 mei nanti hanya sekedar formalitas belaka supaya ga ngecewain dan karena kita udh bayar uang pendaftaran,test,dsb. Mohon saran dan bantuannya…
    Makasih banyak kak…

    • Putra

      Hai Anita, sebenernya salah satu temen kami yang di Pontianak juga mengalami kasus yang sama (ga bisa terbang gara2 Gunung Kelud) dan tesnya dia juga direschedule ke 10 Mei 2014. Sejujurnya kita gak bisa jawab apakah tesnya sekedar formalitas belaka atau gak, tapi at the very least kasus ini juga terjadi ke temen kami yang lain. :)

      Nasihat kami sih yang pasti ikut aja tesnya. :)

      • Anita

        Kak, kok dari semua teman2ku yg apply k NTU. Semua yanh diterima adl mereka yg ambil program engineering? Yg bisnis tidak ada? Begitu pula dengan tahun2 sebelumnya, setahuku hanya 1-2 orang. Kenapa ya?
        Makasih banyak atas jawabannya.. 😉

        • Putra

          Halo Anita, wah kurang tau ya kenapa, emang Nanyang Business School (NBS) itu lumayan kompetitif dan sepanjang pengetahuan gw juga jumlah intake mereka lebih sedikit dibanding Engineering. Bukan berarti gak mungkin kok, gw punya beberapa temen Indo yg masuk NBS juga. :)

  • Michele

    Halo Kak. Nama saya Michele. Saya tertarik banget kuliah berbeasiswa di NTU. Mumpung saya masih duduk di kelas X, sya ga mau salah langkah ambil penjurusan ipa/ips-nya. Saya kan minat sama Accountancy and Business – NBS, brarti saya harusnya masuk IPS ya Kak? Apa jurusan IPS tetap bisa dpt beasiswa ke NTU? Atau walaupun pilihan saya itu menjurus ke Accountancy and Business, sya mesti ttap ambil IPA? Mohon bimbingannya Kak.. Makasih banyak. :))

    • Putra

      Halo Michele, setau saya penjurusan di Indo gak segitu pentingnya kalo buat sekolah bisnis di Singapura, regardless penjurusan SMA kamu apa sih selama bisa lolos TOEFL dan UEE harusnya oke aja. Ada teman-teman saya yang anak IPS dan anak IPA masuk NBS/SMU Business :)

      • Michele

        Makasih banyak atas infonya, Kak Putra.

        Aku jadi optimis! Makasih Kak! ^^

        • Putra

          All the best!

  • http://twitter.com/shaillgm shailla

    halo, nama saya shailla. saya masih duduk di kelas dua sma jurusan ips. mau nanya, untuk jurusan ips apakah ada di NTU? lalu dengan tidak memiliki prestasi akademik/olimpiade (misalnya) menjadi penghalang untuk bisa mengikuti beasiswa di NTU?tolong bimbingan dan penjelasannya ya kak, terimakasih:)b

    • Putra

      Halo Shailla, jurusan IPS tentunya ada, udah ada gambaran mau ambil apa? Ada Faculty of Arts & Social Sciences contohnya, terus ada sekolah bisnisnya juga. Prestasi akademik/olimpiade pastinya membantu kemungkinan dapat beasiswa, tapi kalo gak punya bukan berarti gak bisa dapet kok. Cobain aja dulu. :)

  • Pingback: Tur Kampus: Nanyang Technological University [PHOTOS] | SekolahSG()

  • Fakhrie Khaualanov

    Halo, nama saya Fakhri, saya sekarang sudah kelas x, saya ingin memilih electrical enginering NTU .kira2 ada persyaratan khusus untuk masuk jurusan electrical enginering?

    • Putra

      Halo Fakhri, palingan ini aja: Pass in Mathematics and Physics/Chemistry/Biology/Computer Science at Senior High School Level/IB Higher Level and Physics at Junior High School Level+

  • reyan qowi

    hai kak aku mau nanya nih aku semester depan keas 12 nah aku mau apply beasiswa ke ntu itu bisa di cek cek dimana ya ka? aku baca baca katanya rapot dulu trus baru tes math ao level fisika sama ingris? makasih mohon bimbingannya ya ka. Sama kira kira ada beasiswa apa aaja ya

  • Naveno C.

    Ko Federik , mau kenalan, saya veno sekarang saya naik kelas JC 1, saya ingin masuk ntu jurusan computer science, koko bisa bantu gimana caranya bisa dapat scholarship? Syarat”nya apa aja ko supaya bisa saya siapkan dari sekarang. Koko apa udah lulus disana? Wktu masuk dulu test nya sulit gk ko? Supaya bisa keterima apa yang harus saya siapkan? Mohon bimbingan nya ya ko, Thank you ko, GBU!

    • Theresia Marten

      Halo Veno! Kelihatannya si hudi (Frederikus Hudi) ga ngeliat post ini deh. Saya akan coba membantu.

      Syarat untuk mendapatkan scholarship itu beda-beda, tergantung ama penyedia scholarshipnya. Bisa dilihat disini http://admissions.ntu.edu.sg/UndergraduateAdmissions/Pages/FreshmenNonSingapore.aspx

      Umumnya, scholarship akan diberikan kepada siswa yang bagus academically and non-academically. Selain itu, waktu daftar scholarship, kamu juga harus kirim essay. Essay kamu bakal membantu mereka utk assess tentang personality dan character kamu, apakah kamu deserve that scholarship gitu.

      Kalo utk entrance examinationnya, computer science requires you to take English, Math ‘A’ level sama Physics ‘A’ Level. Untuk jurusan lain bisa dilihat di sini http://www3.ntu.edu.sg/oad2/website_files/International/ExamPaperRequirements.pdf

      Tapi kamu dari JC kan ya? Seharusnya kamu ga usah ikut UEE lgi siih. NTU akan melihat nilai ‘A’ level kamu dan judge dari nilai itu.

      Untuk anak JC, requirements nya bisa dilihat di sini http://www3.ntu.edu.sg/oad2/website_files/ALevel/Min_Subject_Requirements.pdf

      Hudi sekarang memasuki final year (year 4). Kalo mau kontak hudi, bisa lewat facebook ya :)

      Semoga bermanfaat!

  • mayamaryanah

    Hi kak. ini Maya.. kak, aku baru mau masuk sma kelas 1 tapi bukan dari sekolah internasional.. rencananya
    pengen kuliah di NTU fakultas chemical engineering.. minta bantuannya ya. kak, cara daftar kuliah +
    beasiswanya gimana? biasanya di mulai pada bulan apa tahap
    pendaftarannya & tes-nya?? berapa lama untuk mengurus dokumen? score
    toefl-nya harus berapa? dokumen apa saja yg harus dipersiapkan? perlu
    sertifikat olimpiade gak? kak, biasanya materi yg di ujikan apa saja? nilai raport-nya harus berapa??? mohon bantuannya yaaa. terima kasih banyak.

    • Theresia Marten

      Halo Maya!

      Untuk cara daftar kuliah bisa lihat disini http://admissions.ntu.edu.sg/UndergraduateIntnlAdmissions/Pages/InternationalOthers.aspx

      Kalo kamu tertarik sama kimia, kamu bisa coba daftar Chemical and Biomolecular Engineering. Kalo di NTU, kimia nya selalu dikaitkan sama biologi juga.

      Sesudah kamu diterima di NTU, kamu bakal dikirimin email berisi link untuk online application untuk beasiswa nya. Biasa nya di bulan Maret atau April.

      Pendaftaran kuliah dan beasiswa semua nya online. Kalo nilai kamu mencapai NTU, kamu bakal diundang untuk ikut ujian masuk atau UEE (University Entrance Examination). Untuk beberapa jurusan akan ada interview setelah kamu lolos ujian masuk. Tapi jurusan engineering ga butuh interview kok.

      Untuk beasiswa, setelah mendaftar online dan mengirimkan essay pendek, kalo kamu lolos tahap pertama kamu bakal diundang untuk interview. Tidak ada tes tertulis lain lagi kok untuk mendaftar beasiswa.

      Mengurus dokumen sebenarnya ga lama kok. Semua dokumen nya ga susah dicari, dan kita ga perlu translate dokumen kita dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Semua dokumen dikirimkan online lewat portal yang disediakan. Jadi ga bakal lama kok.

      Nilai TOEFL, SAT, atau IELTS sebenarnya ga terlalu berpengaruh sih kalo kamu mendaftarnya sebelum lulus SMA (sebelum UAN); tapi bisa menjadi nilai tambah untuk kamu kalo nilai TOEFL kamu bagus. Yang penting itu nilai English kamu waktu ujian masuk dari NTU nanti.

      Kalau kamu diterima di NTU, akan ada test bahasa Inggris lagi dari NTU. Kalau nilai TOEFL, SAT, IELTS kamu udah bagus, kamu ga perlu ikut test itu lagi. Kalau ga lolos test itu juga ga masalah kok, tapi ya kamu harus mengambil kelas bahasa Inggris tambahan yang diwajibkan oleh NTU.

      Umumnya, yang diminta itu nilai raport semester 1-4 dan passport atau akte kelahiran. Dokumen nya akan di kasih tau saat kamu udah mendaftar ke NTU.

      Biasanya pendaftaran NTU itu dari sekitar awal Oktober sampai pertengahan Desember. Selama periode itu, kamu masih boleh melengkapi dokumen-dokumen kamu kok.

      Kalo kamu punya sertifikat olimpiade, lampirin aja. Itu bisa menjadi nilai tambah buat kamu. Tapi kalo ga ada juga ga masalah. Sertifikat olimpiade juga bakal membantu waktu kamu nanti mendaftar beasiswa.

      Materi yang diujikan bisa dilihat disini http://admissions.ntu.edu.sg/UndergraduateIntnlAdmissions/Pages/EntranceExaminations.aspx dan ini juga http://www3.ntu.edu.sg/oad2/website_files/International/ExamPaperRequirements.pdf

      Nilai raport kamu palingan pass in Mathematics and Physics/Chemistry/Biology aja. Semakin bagus nilai kamu semakin baik. Soal nya NTU jga ada kuota siswa yang diundang untuk ujian masuk. Tapi kita ga ada yang tau seberapa banyak kuota yang diberikan setiap tahun nya.

      Semoga bermanfaat!

  • Mudt Dae

    pagi min.. saya lulusan S1 ingin melanjutkan studi master Computer Engineering di NTU.. proses masuknya gmn? apa saja syarat yg mesti di lampirkan ..apakah tetap mengikuti Entrance Examination??

  • nurdiono

    bgaimana proses masuknya kak? saya mau daftar di chem eng nya juga kak?

    • Theresia Marten

      Halo Nurdiono! Untuk informasi tentang proses masuk ke NTU, bisa lihat disini http://admissions.ntu.edu.sg/UndergraduateIntnlAdmissions/Pages/InternationalOthers.aspx

      Teknik kimia di NTU itu juga mempelajari tentang biomolekular. Jadi kalau kamu tertarik untuk mendaftar teknik kimia di NTU, kamu bisa mendaftar ke jurusan Chemical and Biomolecular Engineering.

      Kalau kamu lebih tertarik ke riset-riset kimia, kamu juga bisa mendaftar ke Chemical and Biological Chemistry.

      Semoga bermanfaat! :)

  • Niko Maqbulyani

    Hi saya Niko
    Saya lulus SMA tahun 2013 lalu. Apakah saya masih bisa ikut mendaftar NTU tahun ini?
    terimakasih

    • Theresia Marten

      Halo Niko! Kalau kamu sebelumnya belum pernah mendaftar ke NTU dan belum pernah mengikuti ujian masuk NTU, kamu masih bisa mendaftar ke NTU kok.

      Kalau kamu sudah pernah mengikuti ujian masuk NTU dan ternyata tidak mendapat kesempatan masuk NTU, sayang sekali kamu ga bisa daftar lagi.

      Semoga bermanfaat!

  • Giovani Anggasta

    hai kak. nama aku giovani. aku sekolah di jambi. tentunya bukan di sekolah internasional. sekarang aku baru kls 10. aku ngambil jurusan ipa karena aku berencana buat ngambil jurusan kedokteran di ntu. menurut kakak, apa yang harus aku siapin dari sekarang supaya aku bisa diterima nanti yah kak? kalo bisa sekalian saran supaya aku bisa dapet beasiswa. tks kak.☺

    • Theresia Marten

      Halo Giovani! Kalo boleh jujur, sebenarnya peluang masuk kedokteran di NTU untuk foreigner seperti kita itu kecil. Jurusan kedokteran di NTU sendiri baru dimulai di tahun ajaran 2013/2014 kemarin. Karena jurusan ini masih baru sekali, NTU sendiri hanya menerima sedikit siswa kedokteran dengan hasil belajar yang sangat baik. Walaupun begitu, bukan berarti sama sekali tidak ada kemungkinan untuk diterima di kedokteran NTU.

      Sebagai alternatif, kamu mungkin tertarik dengan ilmu biologi dan teknik biologi di NTU. Ada jurusan Biological Science yang mempelajari lebih dalam tentang biologi dan riset-riset tentang biologi. Ada Chemical and Biological Chemistry yang lebih mengarah ke farmasi dan biokimia. Ada Chemical and Biological Engineering yang lebih mengarah ke pembuatan alat-alat kedokteran.

      Untuk diterima di NTU, kamu harus mempersiapkan nilai akademik yang bagus selama di SMA. Kamu juga harus mempersiapkan test English, Math ‘A’ Level, Physics ‘A’ Level, dan biologi atau kimia (tergantung jurusan kamu) untuk UEE (University Entrance Examination). Selain itu, kegiatan ekstrakurikular atau kegiatan lain juga bisa menjadi nilai plus untuk kamu.

      Untuk beasiswa, kamu harus mempersiapkan nilai bagus secara akademik dan non-akademik. Kamu juga perlu menulis essay saat mengumpulkan aplikasi untuk beasiswa tersebut. Jika lolos tahap ini, kamu akan diundang untuk interview. Untuk lolos tahap interview, kamu harus mempelajari lebih lanjut tentang penyedia beasiswa itu sendiri, seperti requirements dari penyedia beasiswa tersebut.

      Semoga bermanfaat!

  • Bryan

    Saya bryan baru naik kelas 12, untuk di ntu kalau mau daftar tuition grant bisa gak ya? Setelah lulus di NTU apa bisa lanjut kerja di singapore atau harus balik ke indo? Thanks

  • thania

    Hi i’m thania, sekarang saya masih kelas 12. saya coba cari formulir pendaftaran NTU diwebnya kok blm ada ya? atau memang blm waktunya? thanks before :)

  • http://tadityar.web.id Tasya Aditya Rukmana

    Halo kak, saya sekarang siswa kelas XII SMA nih. Kalau untuk di shortlist ke UEE kira-kira kisaran rata-rata raportnya berapa ya? soalnya rata-rata nilai raport saya 80-90 nih :(

  • Novita

    Halo kak, saya novita. maaf mau tanya, jurusan2 di NTU yg peluangnya besar untuk bisa diterima dan mendapat beasiswa apa saja ya? saya sedang proses mendaftar, sedang bingung dlm menulis essay. apakah kakak ada saran atau kiat2 menulis essay yg baik yg biasanya diterima beasiswanya? terimakasih

    • Theresia Marten

      Halo Novita! Dengar-dengar dari teman sih Material Science & Engineering. Kabar ini mungkin diasumsikan berdasarkan banyaknya jumlah anak Indonesia di MSE dan adanya dosen MSE yang berkewarganegaraan Indonesia. Namun, asumsi ini belum tentu benar. Ada banyak pengaruh eksternal lain yang cukup berpengaruh, seperti kuota yang disiapkan NTU, jumlah calon siswa yang mendaftar di jurusan tersebut, dll.

      Untuk beasiswa, siswa jurusan engineering bisa dikatakan relatif memiliki kesempatan lebih banyak untuk mendapatkan beasiswa. Hal ini dikarenakan banyak nya penyedia scholarship yang hanya memberikan beasiswa kepada siswa engineering. Namun, di sisi lain, tentu saja jumlah aplikannya juga banyak karena siswa engineering di NTU itu banyak sekali. Dan lagi, semua ini juga tergantung sama kriteria penyedia beasiswa masing-masing.

      Hmm, kalo tentang essay, kamu bisa browse di Internet tentang cara menulis essay yang baik. Tapi sebenarnya essay utk pendaftaran beasiswa itu ga cuma mau lihat kemampuan menulis kamu. Mereka juga ingin mengetaui lebih lanjut tentang kamu, cara berpikir kamu, dan cara kamu menyelesaikan masalah melalui essay yang kamu tulis.

      Semoga bermanfaat!

  • Natanael Kristian

    Hai kak, nama saya Nael. Saya sangat sangat sangat ingin masuk ke NTU ini, masuk ke NTU udh kyk mimpi. Saya sudah menyerahkan berkas2 yang dibutuhkan untuk pendaftaran NTU secara online. Namun rata – rata rapot saya 82-85 dengan beberapa nilai 7 pada mata pelajaran biologi dan kimia. Menurut kakak kemungkinan saya dipanggil untuk UEE berapa persen? dan jika tidak terpanggilkan kan bisa appeal, appeal itu bagaimana ya kak? Terima kasih untuk infonya….

  • Kinanti amoure

    hi saya kelas 12 sekarang . saya warga indonesia saya direkomenkan untuk memilih schoolarship yang mana ya . dan cara daftar nya gimana ya? apa saja syaratnya

    • Theresia Marten

      Halo Kinanti! Untuk mendaftarkan scholarship, kamu harus udah diterima di salah satu universitas atau sekolah di Singapore dulu. Syarat dari masing-masing scholarship beda-beda, tergantung sama penyedia scholarshipnya.

      Kalo boleh tau, kamu udah mendaftar dan diterima di salah satu universitas di Singapore belum? Kalo udah, sekolah apa?

  • daya ingat

    terimaksih.. sya akan mencob mendaftar ke perguruan tinggi negeri semoga saya bisa menjadi orang yang sukes dan terimaksih juga pada adminyang telah mengelola dan memberikan informasi ini sangat bermanfaat sekali.. semoga semakin cerdas dan daya ingat nya meningkat

  • Alberth

    Hi nama saya Alberth. Saya sekarang sedang menjalani program S-1 Teknik Elektro. Saya sedang mencari2 beasiswa untuk program S-2. Syarat2 beasiswa d NTU apa ya ka? Saya tertariknya d jurusan IT.

  • Haryati Ifani

    Hi sis..

    My name is Haryati Ifani
    :)
    saya saat ini semester 2 jurusan matematika..
    dan ingin mlanjutkan study(S2) d nanyang..

    saya sedang prepare..
    mulai tertarik untuk melatih conversation,dll
    yg menjadi kendala keuangan saya sis,bgaimana caranya mengajukan beasiswa ke nanyang sis?

    dan saya dengar2 d singapura sulit mendapatkan mkanan halal,
    :(
    pdhl sya ingn lanjutkan study dsna..
    mhon tanggapannya ya sista..
    :)

    • Theresia Marten

      Halo Haryati! Untuk informasi tentang scholarship di NTU utk graduates seperti kamu (Master atau PhD), bisa dilihat disini http://admissions.ntu.edu.sg/graduate/scholarships/Pages/default.aspx

      Masing-masing tipe beasiswa berbeda satu sama lain. Coba dibaca dulu aja sis, terutama bagian eligibility dan requirements nya.

      Untuk makanan halal, di kebanyakan coffee shop atau hawker centre di sini ada paling sedikit satu stall makanan Malaysia atau Indonesia yang sudah pasti halal. Untuk stall yang lain, belum tentu halal, kecuali ada stiker halal di depan stall nya.

      Untuk di NTU sendiri mencari makanan halal tidak terlalu susah kok. Hampir di setiap kantin di NTU terdapat stall makanan Malaysia atau Indonesia yang pasti halal. Beberapa stall lainnya juga ada yang halal, perlu di cek dahulu ada stiker halal nya atau tidak.

      Semoga bermanfaat!

  • kevin tirta

    Halo .kak.Ce . Ko saya masih kls x tapi berminat nih msk NTU .ada saran engga bwt dapet beasiswa NTU

    • Theresia Marten

      Halo Kevin! Ada banyak macam tipe beasiswa yang ada di NTU dan masing-masing punya syarat-syarat nya sendiri. Kamu bisa lihat di link ini bagian Non-Singapore Citizenship http://admissions.ntu.edu.sg/UndergraduateAdmissions/Pages/FreshmenNonSingapore.aspx

      Umumnya, semua beasiswa mencari siswa dengan nilai akademik yang bagus dan aktif di kegiatan ekstrakurikuler. Penyedia beasiswa juga menyeleksi berdasarkan essay yang kalian kumpulkan saat pendaftaran beasiswa.

      Apabila kamu lulus seleksi ini, kamu akan diundang untuk menghadiri seleksi wawancara. Untuk lolos seleksi wawancara ini, kamu harus mempelajari lebih lanjut tentang penyedia beasiswa yang mengundang kamu untuk interview tersebut. Kamu bisa tanya lebih lanjut ke senior penerima beasiswanya.

      Semoga bermanfaat!

  • Pingback: NUS, NTU Still Among the World's Top Universities | SekolahSG()

  • Pingback: NTU, NUS Not Cool With Graduation Selfies | SekolahSG()

  • Sandra Ardylenia

    Hi, nama saya Sandra, saya sekarang kelas XI kak. saya mau daftar di NTU, saya mau daftar jurusan psikologi atau ilmu pendidikan biologi. caranya gimana ya kak? dijawab ya kak, please…

    • Theresia Marten

      Halo Sandra! Nama saya Theresia, sekarang memasuki tahun ketiga di NTU. Untuk mendaftar ke NTU, kamu bisa ikuti steps nya di link ini http://admissions.ntu.edu.sg/UndergraduateAdmissions/Pages/ApplytoNTU.aspx.

      Kamu bisa pilih “International & Other Qualifications”. Di halaman itu ada banyak links yg menjelaskan tentang proses sebelum, saat, dan sesudah pendaftaran ke NTU.

      Kalau kamu tertarik sama ilmu pendidikan biologi, kamu bisa mendaftar di jurusan Biological Sciences. Kalau kamu tertarik sama biology dan kimia, kamu bisa mendaftar Chemical and Biological Chemistry. Ada pula fakultas teknik biologi dan kimia, yaitu Chemical and Biological Engineering.

      Untuk psikologi, kamu bisa mendaftar di jurusan Psychology. Jurusan lain nya bisa dilihat disini http://www.ntu.edu.sg/Academics/Pages/UndergraduateProgrammes.aspx

      Kamu bisa memilih 5 jurusan saat mendaftar ke NTU. Jadi kamu boleh mencoba mendaftar ke maksimal 5 fakultas. Semoga bermanfaat dan good luck!

      • Sandra Ardylenia

        Thanks ya kak!! Tapi kalau pendaftarannya bulan oktober, kan aku masih belum UN kak,

        Pada 17 Juni 2015 22.08, Disqus menulis:

      • Sandra Ardylenia

        Thanks ya kak!! Tapi kalau pendaftarannya bulan oktober, kan aku masih belum UN kak, apa bisa kalu gitu kak?
        terus, syarat buat daftarnya apa aja kak? aku udah coba cari tau sendiri kak, tapi nggak ketemu
        maaf ya kak

        Pada 17 Juni 2015 23.46, Sandra Murty menulis:

        • Theresia Marten

          Bisa kok! Kamu bakal diminta mengumpulkan raport semester 1-4. Nanti setelah hasil dan nilai UN dibagikan, kamu baru diminta mengumpulkan nilai UN.

          Kamu bisa baca di sini http://admissions.ntu.edu.sg/UndergraduateIntnlAdmissions/Pages/InternationalOthers.aspx#adm di bagian general requirements nya ya.

          Semoga bermanfaat :)

          • Sandra Ardylenia

            makasi banget ya kak :)

            Pada 18 Juni 2015 00.02, Disqus menulis:

          • Theresia Marten

            Sama-sama, Sandra! Semoga diterima di NTU di jurusan yang kamu mau ya! :)

  • Fitri Hidayati

    hay kaka,, mau naya saya sekolah di smk kesehatan keperawatan,saya kepingin kali masuk ke universitas NTU singapura ambil jurusan kedokteraan,, apa bisa kak masuk di NTU pakai izajah smk.. tolong di respon cepat
    makasih ya

    • Theresia Marten

      Halo Fitri!
      Ijazah SMK kamu UAN bukan? Untuk mendaftar di NTU, kamu harus submit hasil UAN dan nilai raport semester. Di website NTU sendiri sih ditulis SMA UAN.

      Sampai saat ini, setau saya belum ada lulusan SMK yang mendaftar ke NTU. Karena itu kita bisa tanya langsung ke NTU mengenai hal ini.

      Lulusan SMK itu nama ijazah nya apa ya? Contoh, kalo SMA itu SMA UAN.

      • Fitri Hidayati

        maksudnya ijazah SMA UAN itu seperti apa ya kakak ???

        • Theresia Marten

          Ijazah SMA UAN itu ijazah yang kamu dapat sesudah kamu lulus Ujian Akhir Nasional (UAN) di SMA.

          Kalo di SMK, ada Ujian Akhir Nasional (UAN) juga ga? Terus, kalo udah lulus SMK, kamu dapat ijazah apa?

          Ntr kalo aku udh tau ijazah nya apa, nanti aku bantu tanyain office of admission nya NTU deh :)

          • Fitri Hidayati

            ijazahnya smk bukan seperti ijazah sma kakak,,
            contohnya SMAnya ambil jurusan IPA kak.sma UANnya pasti ada biologi,kimia,fisika,bahasa indonesia, kalo smk UANNYA tidak ada biologi,kimia,fisika tapi diganti dengan mapel produktifnya sesuai dengan jurusan masing2.. kalo saya smk kesehatan keperawatan ijazahnya UANNYA anatomi,,kebututuhan dasar kemanusiaan,komunikasi keperawatan,konsep dasar keperawatan., jadi seperti itu kakak :)
            tapi kakak kalo di raport ada kok pelajaran biologi,kimia,fisika

          • Theresia Marten

            Hmm kamu kelas berapa sekarang?

            Di rapor kamu ada math, sama english jga? kalo ada jga, coba daftar aja dl. Nanti e-mail tanya admission office nya aja :)

          • Fitri Hidayati

            msih kelas 11 sih kk. ada kok kk di rapor sya mtk & english

  • vincent

    Kak, mau tanya kalo misalnya ada 1 pelajaran di UN yang tidak lulus apakah tetap bisa mendaftar ke NTU?

    • Theresia Marten

      Halo Vincent!

      Kamu sekarang kelas berapa? Pelajaran apa ya yg ga lulus? Preferably yg lulus semua sih. Tapi biasa NTU liat pelajarannya apa dulu.

  • zia

    Hi ka, aku baru lulus MA mau minta saran buat buku matematika, fisika dan bahasa inggris (pembahasan soal dan materi). Kalau jurusan minatnya fisika dan matematika di ntu, apakah semua tes mata pelajaran harus level a?… terima kasih

    • Theresia Marten

      Halo Zia!

      Kalo kamu minat ke jurusan fisika dan matematika di NTU, kamu akan diminta untuk test Physics, Math ‘A’ Level, dan English. Kalau kamu mendaftar ke jurusan yang tidak begitu mementingkan Math, let’s say Communication Studies, Arts, Humanities gitu, kamu akan diminta untuk test English and Math ‘AO’ Level (which is lebih mudah).

      Sebenernya yg di specify ‘A’ level itu cuma utk Math doang sih. Kamu bisa browsing di internet ttg materi Math ‘A’ Level. Kalo dulu sih aku ada ikut bimbel persiapan ujian masuk NTU NUS gitu, jadi udah dikasih gitu materi Math ‘A’ Level. Kamu juga bisa cari” di library sekolah kamu. Beberapa sekolah ada yang menyimpan buku materi Math ‘A’ Level juga.

      Untuk English, soal ujian masuknya itu mencakup listening, reading, dan writing essay. Ada juga multiple choice yang menguji vocabulary kita.

      Untuk Physics, sebenarnya dari buku SMA bisa kok, materinya kurang lebih sama. Bedanya, pas ujian masuk itu bukan menguji kemampuan kita hafalin rumus fisika (bahkan rumusnya ntr dikasih), tapi lebih ke penerapan ilmu fisika nya.

      Untuk lebih pasti apa yg harus dipelajarin, kamu bisa cek di http://admissions.ntu.edu.sg/UndergraduateIntnlAdmissions/Pages/EntranceExaminations.aspx. Kamu bisa liat silabus dan contoh soal nya disana. Dan jujur aja, pas aku tes masuk dua tahun lalu, soalnya ga jauh beda kok dari contoh soal nya :)

      Semoga membantu dan good luck! :)

  • Dina

    Hello. Nama saya dina, saya kini telah lulus sma jurusan ips, dan sedang bersiap untuk kuliah di salah satu univ di bandung, sebenarnya saya sangat ingin kuliah di ntu, saya mau nanya apakah lulusan tahun 2015 masih boleh mendaftar? Terimakasih :)

    • Theresia Marten

      Halo Dina!

      Untuk saat ini, pendaftaran untuk mulai kuliah di NTU pada tahun ajaran 2015-2016 sudah ditutup. Pendaftaran untuk tahun ajaran 2016-2017 akan dibuka pada bulan oktober sampai pertengahan desember 2015.

      Semoga membantu! :)

  • Rina Okttarina

    Hai, saya okta. Saya lulusan tahun 2015 jurusan ipa tapi saya berminat di kesenian apakah boleh ???
    Lalu apa yang diteskan, apakah sulit ?
    Dan kapan pendaftarannya mohon bantuannya.

  • iva

    kak, saya ssekarang kelas 3 sma. mau nanya nanya hehehe. persyaratan buat masuk ntu selain rapot smt 1-4 apa saja ya? terus nilai minimal toefl ibt kira-kira berapa? ada saran-saran nggak kak jurusan yang prospek kerjanya bagus jurusan apa? kalau saya tertarik chemical engineering kira kira perlu menyiapkan apa aja ya kak? terus buat cari scholarship kira-kira ada persyaratan tambahan tidak kak? Makasih:)

    • Theresia Marten

      Kamu baru naik kelas 3 ya?

      Kalo kamu lulus tahun 2016 nanti, berarti kamu harus mengumpulkan rapot sem 1-4. selain itu bisa dilihat disini http://admissions.ntu.edu.sg/UndergraduateIntnlAdmissions/Pages/InternationalOthers.aspx

      tidak ada yg tahu brpa nilai minimal utk toefl, karena basically nilai toefl tidak begitu membantu / mempengaruhi proses aplikasi. nilai toefl hanya dipakai untuk menentukan apakah kamu perlu mengikuti kelas khusus bahasa inggris (setelah kamu diterima di NTU).

      hmm sebenarnya susah jga sih bilang jurusan apa yg prospek kerja nya bagus. Business bagus, tpi kompetisi nya ketat banget. Engineering juga bagus kok.

      Palingan kamu harus mempersiapkan diri untuk University Entrance Examination (UEE) aja, pelajaran English, Math ‘A’ level, dan Chemistry

      untuk scholarship sih persyaratan nya berbeda-beda tergantung dari penyedia scholarship nya. Bisa dilihat disini http://admissions.ntu.edu.sg/UndergraduateAdmissions/Pages/FreshmenSingaporeSPR.aspx#

      Semoga membantu! :)

  • Rifqi Hilman

    Halo kak saya rifqi. Sekarang saya masih kelas 11 SMA dan dijurusan IPA. Saya rencananya mau masuk NTU dan mau ambil business banking and finance. Kira kira bisa gak ya? Trus apa aja yang harus dipersiapkan? Terima kasih

    • Theresia Marten

      Halo Rifqi!

      Bisa kok! kamu bisa liat general requirements nya disini http://admissions.ntu.edu.sg/UndergraduateIntnlAdmissions/Pages/InternationalOthers.aspx . Nilai kamu juga harus melewati batas minimal nya, untuk pelajaran apa aja bisa dilihat disini http://www3.ntu.edu.sg/oad2/website_files/International/MinimumSubjects.pdf

      Umumnya, kalo business cuma lihat english ama math kamu. Nanti kalo kamu diundang untuk University Entrance Examination (UEE), subjects yg bakal diujikan adalah English dan Math ‘AO’ level. Kalo kamu mengambil jurusan lain, mngkin ada subjects yg diujikan yg diganti atau ditambah subjects yg lain. Setelah lolos seleksi UEE, kamu akan diundang untuk interview. Jadi kamu harus mempersiapkan diri kamu juga untuk UEE.

      Semoga membantu! :)

      • Rifqi Hilman

        Oke terimakasih ka :)

  • Hermon Jay

    Hi, saya mahasiswa UGM skrg masuk semester 3, kalau pengen apply Student Exchange ada program apa aja ya selain Temasek Foundation..?

    • Theresia Marten

      Halo Hermon!

      Untuk hal ini, kamu bisa tanyakan ke universitas kamu sendiri. Kamu bisa bertanya universitas kamu tentang program exchange apa saja apa saja yg available. Soalnya, ada atau tidak nya program exchange dari UGM ke NTU itu tergantung dari ada tidak nya persetujuan di antara dua universitas tersebut.

      Selamat Membantu!

  • laveda lypinsky

    Hi kak saya laveda kelas XII IPA mau nanya beberapa pertanyaan ni hehe

    1. kuliah di NTU dan NUS lebih bagus apa ya hehe
    lebih susah masuk universitas mana

    2. kalo untuk jurusan seperti food tech , bio tech dan kedokteran biasanya apa saja yang di test

    3. Tahun ini pendaftaran untuk NTU dan NUS kapa dibuka ya kak

    4. ada rekomendasi bimbel di jakarta untuk supaya bisa masuk NTU / NUS

    terimakasih sebelumnya hehe :)

    • Theresia Marten

      Halo Laveda!

      1. Hmm tergantung dari jurusan mana yg mau kamu ambil. di beberapa jurusan, NUS lebih bagus, dan di beberapa jurusan NTU lebih bagus.
      Masuk NTU relatively lebih mudah, karena quota untuk international students nya lebih banyak.

      2. Math ‘A’ Level, Physics, Biology, Chemistry. Math itu wajib, Phys/Bio/Chem bisa pilih (tergantung jurusan secara specific).

      3. Kedua nya seharus nya bakal buka pendaftaran awal atau pertengahan October. Kamu bisa cek lagi informasi nya di website NTU.

      4. Hmm untuk bimbel sih, kebanyakan anak Indo di NTU ikut bimbel dari St. Ignatius, Ko Deddy, atau Wardaya. Namun ada beberapa tempat bimbel lain lagi kok.

      Semoga membantu!

  • ima

    hai kak, aku sempat ke ntu sebelumnya dan sempat melihat perpustakaannya yang ramai dengan orang2 belajar, apakah persaingan disana ketat sekali??

    • Theresia Marten

      Halo Ima!

      Persaingannya sih bisa dibilang ketat, apalagi krna banyak siswa yang dibantu scholarship, sehingga harus terus mempertahankan nilai. Sistem penilaian di NTU menggunakan Bell Curve.

      Jika nilai kamu 90, tetapi teman-teman kamu dapat 95, ada kemungkinan kamu mendapatkan C. Sebaliknya, jika kamu mendapatkan 50, tetapi teman-teman kamu mendapatkan 20, ada kemungkinan kamu mendapatkan A+

      Inti nya, perbandingan nilai kamu dgn nilai median dan nilai rata-rata kelas kamu yg akan menentukan nilai kamu. Jadi, kamu harus lebih bagus dari pada teman-teman kamu agar kamu mendapatkan nilai yang bagus.

      Semoga Membantu! :)

  • Nia

    Hai kak, numpang tanya, apakah bila ingin masuk jurusan teknik sipil, kemampuan bahasa mandarin jg dites atau tidak? Saya ingin mendapatkan beasiswa untuk jurusan ini. Thank you sblmnya 😀

    • Theresia Marten

      Halo Nia!

      Bahasa mandarin tidak berpengaruh kok utk semua jurusan, kecuali jurusan Chinese Literature. Kemampuan bahasa yang di test cuma bahasa Inggris.

      Coba aja mendaftar beasiswa. kamu cuma perlu mengisi formulir, dan menghadiri interview.

      Semoga membantu!

  • Nurika Agnesya

    kak, kalau untuk S2 di NTU itu gmana ya ??? terus beasiswa NTU-MBA itu bagaimana ? tolong kasih gambaran donk kak :) terima kasih..

    • Theresia Marten

      Halo Nurika!

      Basically, ada 3 program utk S2 di NTU, yaitu research programme, joint graduate programme, dan coursework programme. Kamu bisa liat informasi lebih lanjut mengenai masing” program di sini http://admissions.ntu.edu.sg/graduate/Pages/home.aspx

      Pendaftaran dan persyaratan beasiswa nya berbeda-beda, tergantung dengan program mana yg kamu ambil. Kamu bisa cari melalui link di atas juga.

      Semoga membantu!

  • RizkySlayerx

    Hi, nama saya rizky, saya lulusan tahun 2015. Tapi saya masih bingung jika kuliah akan meneruskan dimana. Selain itu juga nilai saya minim. Saya dari jurusan IPA, dan saya ingin mendaftar di jurusan seni musik. Apakah saya bisa? Mohon jawabannya yaaaa … 😀

    • Theresia Marten

      Halo Rizky!

      Sayang sekali di NTU belum ada jurusan khusus seni musik nih. Sekolah seni di NTU (atau Art, Design, and Media / ADM) saat ini baru memiliki beberapa specialisasi, yaitu:
      Digital Animation
      Digital Filmmaking
      Photography and Digital Imaging
      Interactive Media
      Product Design
      Visual Communication

      Semoga membantu!

  • Ahmad Fahmi

    Halo kak
    mau nanya nih, kan di pendaftarannya perlu submit nilai raport, nah itu ada nilai minimalnya berapa gak (misal 8.0, 8.5 gitu) biar bisa lolos seleksi berkas dan dipanggil UEE ?
    makasih kak 😀

    • Theresia Marten

      Halo Ahmad,

      Sebenarnya NTU tidak begitu menyatakan secara explicit berapa nilai minimalnya. Di page NTU sendiri ditulis “good” aja gitu. Untuk lebih aman sih, saran saya, sebaiknya usahakan nilai kamu sekitar 8.5, terutama di pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, dan Fisika/Kimia/Biologi (tergantung jurusan yang mau kamu ambil).

      Semoga membantu!

  • Rizki Amalia

    hallo kak, saya Kiki, saya sekarang sudah lulus D3 Desain Arsitektur di UNDIP Semarang tahun ini, saya mendapat info kalau di NTU dan NUS itu bisa Transfer atau alih jenjang dari D3 ke S1, kalau di NUS saya sudah tanya lewat email katanya hanya D3 dari politeknik dalam negri Singapore aja yg bisa diterima, kalau NTU kira” ketentuannya sama atau tidak ya kak? tolong dibantu jawab ya kak saya serius ingin melanjutkan S1 di Singapore, karena di indonesia hanya bisa lanjut di Universitas swasta saja undtuk program Arsitektur, sekali lagi mohon bantuan kakak ya untuk memberikan informasinya, terimakasih banyak, :)

    • Theresia Marten

      Halo Kiki!

      Kamu mau lanjut ke S1 Arsitektur ya? Sayang sekali di NTU belum ada jurusan arsitektur. Apakah kamu tertarik mengambil jurusan lain di NTU?

  • intan larasati

    Hi. Nama saya Intan Larasati, saya siswi, niat saya mau masuk NTU tapi pendaftaran dan pelaksanaan UN 2016 bertepatan dengan pembukaan NTU .. mohon bantuannya

    • Theresia Marten

      Halo Intan!

      Kamu bisa kok mendaftar sebelum kamu lulus, yaitu pas kamu masih kelas 12 SMA. Jadi sekitar bulan Oktober-Desember 2015 ini akan ada pendaftaran masuk NTU. Ujian masuk NTU akan diselenggarakan di bulan Februari 2016. Sekitar bulan Maret 2016 kamu baru dapat hasil pendaftaran ke NTU.

      UN 2016 itu sekitar bulan April 2016 kan ya? Jadi walaupun kamu belum ada ijazah, kamu masih bisa mendaftar ke NTU kok. Pendaftaran ke NTU akan langsung dianggap gagal jika tidak lulus UN.

      Semoga membantu!

  • intan larasati

    Hi kak, saya Intan Larasati, saya seorang siswi, saya ingin masuk jurusan Film, apakah NTU terdapat jurusan Film ? Lalu bagaimana cara apply-nya? Saya sudah mencari PPI singapura untuk bertanya tapi saya belum menemukannya.

    Mohon bantuan dan bimbingannya.

    • Theresia Marten

      Halo Intan!

      Kamu tertarik ke Digital Filming (Animation, Cartoon etc., I guess) atau ke Broadcasting (human filming, and cinematography)?

      Cara apply ke NTU bisa dilihat disini http://admissions.ntu.edu.sg/UndergraduateIntnlAdmissions/Pages/InternationalOthers.aspx

      Kalo kamu tertarik ke broadcasting, cinematography gitu, kamu bisa mendaftar ke jurusan Communication Studies di NTU. Di sekolah itu ada penjurusan lagi ke Broadcastin dan Cinematography. Btw aku jurusan Communication Studies.

      Kalo kamu lebih tertarik ke Digital Filming, kamu bisa mendaftar ke Art, Design, and Media di NTU. Ada beberapa requirements tambahan untuk mendaftar ke sekolah seni di NTU. Requirements nya bisa dilihat di sini http://www.adm.ntu.edu.sg/Programmes/ProspectiveStudents/undergraduatedegrees/Pages/ADM-Admission-Requirements.aspx

      Semoga membantu!

      • intan larasati

        Hi kak.. kapan NTU pembukaan untuk jurusan film ?? Aku masih kelas 3 SMA gimana ?? Kak boleh aku bertanya banyak tentang jurusan itu kan????

        • Theresia Marten

          Semua pendaftaran nya buka di bulan Oktober nanti, biasa nya dari tanggal 1 Oktober sampai pertengahan Desember.

          Kamu bisa kok daftar di Oktober tahun ini kalau saat ini kamu di kelas 3 SMA. Kamu boleh mengumpulkan ijazah nya belakangan kok.

          Boleh kok! Kamu mau tanya-tanya apa nih? hehe

          • intan larasati

            Apa masuk NTU harus punya sertifikat Toefl ?? Bagaimana dengan beasiswa di sana?? Saya tidak ingin membebani orang tua saya .. justru dengan masuk NTU adalah kado untuk ibu saya ..

comments powered by Disqus